Jawaban Atas Pertanyaan Penggemar Dongeng FE – Bumi Datar – (Serial #8 Habis) Isyarat Al-Quran


al-quran-mushafearth

T. Djamaluddin

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, LAPAN

Anggota Tim Tafsir Ilmi, Kementerian Agama RI

Penggemar dongeng FE — bumi datar — mencoba mencari pembenaran dari ayat-ayat Al-Quran, tanpa memahami makna ayatnya dan konteksnya. Ini contoh (terjemah) ayat- ayat yang dijadikan pembenaran:

(Q.S. Al Baqarah 2: 22) Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui
(Q.S Al-Hijr 15: 19), “Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.
(Q.S Al Kahfi 18 : 47) Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.
(Q.S Al Anbiyaa 21: 32) Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya.
(Q.S Yaasiin 36 :38) dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.
(Q.S Yaasiin 36 :40) Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.
(Q.S Az-Zumar 39 :5) Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.
(Q.S. Qaaf 50 : 7) Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,
(Q.S. Ar-Rahman 55 : 33) Hai jama`ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) PENJURU langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.
(Q.S. An Naba’ 78: 6-7) Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?
(Q.S. Al Ghaasyiyah 88: 20) Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?

Untuk memahami Al-Quran perlu memahami makna ayat dan konteksnya:

QS 2:22 firaasyan maknanya hamparan tempat istirahat, bukan dalam makna keseluruhan bumi datar.
QS 15:19 madadnahaa maknanya kami hamparkan bumi sebagai dataran, namun ada juga gunung-gunung. Hamparan datar dalam konteks di sana pun ada juga yang bergunung-gunung.
QS 18:47 baarizatan maknanya kami ratakan (semuanya runtuh rata dengan tanah).
QS 21:32 saqfan maknanya (langit sebagai) atap atau yang melingkupi, bukan dalam makna sebagai kubah.
QS 36:38 tajrii maknanya berjalan/berlari, karena dalam skala galaksi matahari bersama ratusan milyar bintang bergerak mengorbit pusat galaksi.
QS 36:40 fii falakiy yasbahuun maknanya (matahari dan bulan) bergerak di orbit masing-masing, matahari mengorbit pusat galaksi dan bulan mengorbit bumi. Justru ini membantah konsep FE yang anggap matahari dan bulan pada orbit yang sama di kubah langit.
QS 39:5 yukawwiru maknanya menutup (malam ke siang dan siang ke malam) yang artinya ada pergantian akibat rotasi bumi, bukan seperti konsep FE yang mataharinya berjalan dari satu daerah ke daerah lainnya.
QS 50:5 madadnahaa maknanya kami hamparkan sebagai dataran, namun ada juga gunung-gunung.
QS 55:33 aqthaari maknanya wilayah (langit), artinya ruang yang bisa dilintasi, bukan seperti kubah ala FE.
QS 78:6 mihaadan maknanya hamparan tempat istirahat, bukan keseluruhan permukaan bumi, karena pada ayat selanjutnya disebutkan juga ada gunung-gunung.
QS 88:20 suthihat maknanya dihamparkan sebagai dataran, selain ada gunung yang ditegakkan pada ayat sebelumnya (QS 88:19).

Iklan

41 Tanggapan

  1. tafsir mufradat trsebut mnggunakn tafsir apa
    IBnu Katsir
    Jalalain
    or lain2?

  2. 1. mana yang di sebut pusat galaxy ???
    2. dapat siang dari mana ?
    3. kenapa langit (Angkasa) gelap ketika kita dapat siang/malam semestinya terang dong pa’ seperti terangnya bumi ??
    silahkan lihat LIVE streaming NASA di youtube jika tidak percaya atas pertanyaan saya ??
    dalam Al-Qur’an selalu yang Alloh jelaskan adalah beredarnya matahari dan bulan bukan bumi saya mencari bahwa bumi itu beredar ga ada di Al-Qur’an penjelasan Alloh bumi itu diam dan matahari dan bulan yang beredar atau bergerak pada masing” garis edarnya .

    • 1. Pusat galaksi ada di arah rasi Sagitarius.
      2. Siang di bumi karena mendapatkan cahaya matahari.
      3. Langit gelap karena tidak ada atmosfer yang menghamburkan cahaya.

    • @hasbialloh Anda mau tau kenapa Allah tidak memberitahu manusia secara gamblang bahwa bumi itu beredar ??

      agar manusia mencari tahu sendiri, berusaha untuk menemukan kebenaran.

      eh malah disalah artikan bahwa bumi diam dan datar. sungguh suatu kemunduran.

  3. Maaf, anda bilang dongeng…?
    Sampai derajat mana keyakinan anda kl bumi itu bulat. Yasin, daim atau syam. Berani sekali memutlakkan sesuatu yang sampai hari ini saja masih ikhtilaf. sebagian Ulama & ilmuwan besar saja msh beda pendapat dgn mengatakan wallahualam ana la yadri. Anda siap ga’ bertanggung jawab dihadapan Allah… dengan keyakinan anda itu. Mujtahid aja yg hafidz, ahli bahasa arab, ahli hadist dan fiqih kl Menafsirkan al qur’an gemeteran krn takut tanggung jawabnya dihadapan Allah. Gmn dengan anda… Wallahualam…

  4. yang pastinya al quran tidak menyatakan bumi itu berbentuk bulat. tidak ada satupun ayat yang menjelaskan bumi bulat dan mengelilingi matahari.
    adapun tafsir tentang bumi telur burung unta, maksudnya bumi bukan bagaikan burung unta. akan tetapi arti kata “dahaa” disitu berarti bagaikan burung unta yg mempersiapkan tempat ditanah sebaik mungkin utk memelihara telur hingga menetas.
    untuk lebih jelasnya dalam video sebagai berikut
    Watch “Tafsir Bumi seperti Telur Burung Unta” on YouTube

  5. maaf prof,, sebagai orang awam dalam penafsiran al quran, kalau bulat itu pasti ada

    1. posisi atas dan bawah ,

    kalau bumi bebentuk bola bagian yang mana / daerah bagian yang mana yang atas dan yang bawah.

    2. terus, sifat air , sifat air itu juga kan sifat nya datar dan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat rendah, kalau
    bumi berbentuk bola apakah gag mengumpul di bawah air nya

    3. masih pada sifat air, seperti kita ketahui , sungai nil itu melewati beberapa negara bermuara di laut merah, itu apakah sejalan dengan teori bumi bola, kemudian sungai amazon,
    kenapa kalau ada rotasi perputaran bumi tidak nampak pada sungai dan laut, seperti yang kita ketahui, air itu beriak kalau ada goncangan dan di laut akan ada badai kalau ada goncangan angin atau benda lainya yang bergerak, kalau bumi benar benar beroatasi
    seperti yang ada dalam kutipan di wikipedia apakah bumi ini dalam setiap detiknya ada goncangan prof ..

    berikut kutipannya “Rotasi Bumi merujuk pada gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya. Bumi berputar ke arah timur, atau jika dilihat dari utara, melawan arah jarum jam.

    Akibat pergerakan pada sumbunya, setiap daerah di bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda. Masa rotasi Bumi pada sumbunya dalam dalam hubungannya dengan bintang ialah 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik. Masa rotasi dalam kaitannya dengan Matahari ialah 24 jam. Namun perputaran ini perlahan terus melambat karena pengaruh gravitasi bulan. Hal ini bisa dilihat dari melambatnya satu hari pada masa kini sebesar 1.7 milidetik dibanding seabad yang lalu.”

    masih dalam keraguan orang awam prof, karena misalkan bumi ini berputar dengan sedemikian cepatnya air yang ada di ember dan bak mandi di rumah saya kenapa gag tumpah.

    jadi mikir saya prof.
    apakah bener itu gaya gravitasi yang sedemikian ..

  6. untuk tafsir soal bentuk bumi kita, itu masing masing individu atau pihak pasti memiliki perbedaan.
    dan memiliki pengertian yang berbeda beda dalam memaknai arti dari suatu ayat didalam surat al quran.
    di arab saudi sendiri ada kelompok yang percaya bumi bulat, ada pula kelompok yang percaya pada bumi datar.
    kelompok pemercaya bumi bulat itu dari kalangan kerajaan arab saudi. karena keluarga kerajaan saudi sangat dekat dengan keluarga bush yang merupakan salah satu tokoh penting elite global yang tidak setuju dengan teori flat earth.
    sedangkan pemercaya teori bumi datar di saudi itu para para ulama yang membenarkan tafsiran al quran oleh ibnu sina bahwa bumi datar.
    berikut adalah video para para ulama di arab saudi yang membenarkan ajaran ibnu sina bahwa bumi ini datar dan tidaklah bulat, dan berputar mengelilingi matahari.
    Watch “Fakta Bumi Datar dan Matahari mengelilingi Bumi dalam Al-Qur’an” on YouTube

  7. Hati-hati….yakin bumi bulat itu fakta?yakin 100% bukannya msh teori jg?yang dibilang flat earth itu bukan nya bumi ini “pasti datar seperti disc” tapi “tidak bulat” seperti globe. Lalu sperti apa?g tw sebelum kita bisa melewati antartika…msalahnya klo ke sana kita pasti ditembaki oleh militer…lagian yang anda sajikan sebagai data hasil olahan semua…google earth lah, itu kn hasil dari peta bumi datar juga yang divisualisasikan sebagai 3D..hati2 meyakini sebuah fakta yang sebenernya masih teori juga

  8. Mohon bersabar pak T.Jamaluddin ini ujian dari penggemar FE

  9. Bulat ataupun datar, jika sudah tau arah kiblat nya, tolong sholat nya tetap menghadap kiblat yg sama.
    Terimakasih.

  10. QS 39:5 yukawwiru maknanya menutup……anda mengerti apa maksud yukawwiru??? ya menutup….tetapi lebih tepatnya seperti MENGGULUNG SORBAN…..pernahkah anda buatkan model YUKAWWIRU????? sy sarankan anda istigfar Prof.

  11. QS 36:38 tajrii maknanya berjalan/berlari, karena dalam skala galaksi matahari bersama ratusan milyar bintang bergerak mengorbit pusat galaksi.

    Galaksi Bima Sakti menyelesaikan satu perjalanan mengorbit Pusat Galaksi berapa tahun pak ?

    • Sekitar 250 juta tahun.

      • Sekitar…saya tidak mengerti mengapa science di buat seperti ini… sekitar 250 th..terus diasumsikan jatak bumi dan matahari 150 jt k…asumsi.
        Bener kata boss darling.. asumsi diatas asumsi..sekitar…hanya teori

      • Bumi mengorbit matahari dalam orbit elips, jarak terdekat 147 juta km dan terjauh 152 juta km. Untuk memudahkan mengingat, dibulatnya sekitar 150 juta km.

      • Sekitar…saya tidak mengerti mengapa science di buat seperti ini… sekitar 250 th..terus diasumsikan jarak bumi dan matahari 150 jt k…asumsi.
        Bener kata boss darling.. asumsi diatas asumsi..sekitar…hanya teori. Bukannya 1+1 = 2. Teori bumi globe itu seperti 1+1 = sekitar 1 atau 1+1 = diasumsikan 1

      • Bumi mengorbit matahari dalam orbit elips, jarak terdekat 147 juta km dan terjauh 152 juta km. Untuk memudahkan mengingat, dibulatnya sekitar 150 juta km.

  12. maaf sebelumnya saya mau nanya prof, fenomena startrail, timelapse yg dibuat dari foto bintang dilangit kan hasilnya memutar sempurna dengan pusat putaran di satu bintang. jika bumi berotasi dan berevolusi dengan matahari, saya agak bingung, kok hasilnya gak berantakan, tapi muter dengan sempurna hehe.. mohon penjelasannya ya prof.. makasih..

    • Foto jejak bintang (star trail) yang melingkari titik kutub langit menunjukkan rotasi bumi dalam waktu beberapa jam saja. Pergerakan bumi mengitari matahari dalam waktu beberapa bulan akan tampak dari perubahan posisi rasi-rasi bintang bila dilihat pada waktu yang sama (misalnya sekitar tengah malam).

      • Rotasi paling cepat sekitar 1669.97km/jam, sedangkan revolusi sekitar 107.500km/jam. Kecepatan dan jarak yg ditempuh revolusi bumi lebih dari 50 kali rotasi bumi, tapi apa iya tidak terekam pergerakannya, padahal kecepatan yg 50 kali lebih lambat (rotasi bumi) bisa terekam pergerakannya..? Mohon tanggapannya ya prof..

        Kemudian mengenai rasi bintang, saya juga bingung, kan bumi berevolusi, brati pernah mengalami yg namanya berada di kanan matahari, kiri matahatahari, apakah kita bisa memakai rasi bintang jika buminya terus bergerak dan berpindah tempat seperti itu..? , harusnya posisi bintang selalu berpindah kan pak..? , maaf jika saya banyak nanya.. Karena saya masih belum mengerti tentang kenyataan di lpangan dan teori yg diajarkan sering tidak sesuai.. Makasih prof udh nyemptin bals comen di sela sela kesibukannya.. Dan mohon di bales lagi ya.. 🙂

  13. Pak prof mau tanya bisa tau berat bumi itu gimana ya ? Nimbangnya pake apa?
    Terima kasih

    • Bobot atau Massa bumi diketahui dasri hasil perhitungan, bukan ditimbang. Rumus-rumus fisika digunakan, antara lain dari hukum gravitasi. Rincinya bisa dibaca di https://en.wikipedia.org/wiki/Earth_mass.

      • Rotasi paling cepat sekitar 1669.97km/jam, sedangkan revolusi sekitar 107.500km/jam. Kecepatan dan jarak yg ditempuh revolusi bumi lebih dari 50 kali rotasi bumi, tapi apa iya tidak terekam pergerakannya, padahal kecepatan yg 50 kali lebih lambat (rotasi bumi) bisa terekam pergerakannya..? Mohon tanggapannya ya prof..

        Kemudian mengenai rasi bintang, saya juga bingung, kan bumi berevolusi, brati pernah mengalami yg namanya berada di kanan matahari, kiri matahatahari, apakah kita bisa memakai rasi bintang jika buminya terus bergerak dan berpindah tempat seperti itu..? , harusnya posisi bintang selalu berpindah kan pak..? , maaf jika saya banyak nanya.. Karena saya masih belum mengerti tentang kenyataan di lpangan dan teori yg diajarkan sering tidak sesuai.. Makasih prof udh nyemptin bals comen di sela sela kesibukannya.. Dan mohon di bales lagi ya.. 🙂

  14. prof…saya mau nanya…kenapa di Al-Quran selalu di katakan langit dan bumi atau samawi wal ardh. Kenapa tidak dikatakan langit dan matahari, atau langit dan galaksi, atau benda-benda langit lain yang lebih besar dari bumi. padahal buminya gak sebanding dengan langit kenapa selalu dibandingkan langit dan bumi? Jika demikian pasti bumi punya perbandingan yang khusus dengan langit. tapi kenapa dari teori heliosentris bumi seperti tidak ada artinya? sangat tidak sebanding dengan langit, apalagi manusia, tidak ada artinya dibandingkan alam semesta ini. padahal di Al Quran bumi selalu dibandingkan dengan langit? apa yang salah?

  15. prof mau nanya lagi…dikatakan nasa dan astronot2 di beberapa negara lain pernah menginjakkan kaki di bulan. yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara pesawat bisa sampai ke bulan? berapa kecepatan pesawat bisa sampai ke bulan? padahal bulan berputar mengelilingi bumi dengan kecepatan yang sangat tinggi, ratusan ribu kilometer perjam. apa ada pesawat yang bisa mengejar bulan tsb. jika pesawatnya menjemput arah rotasi bulan bisa memungkinkan, tetapi apakah tidak terjadi tabrakan yang mengerikan dengan pesawatnya? Bingung prof…tolong dijawab

    • pesawat? mmng ad pswat yg bsa nyampai di bulan? astronot k bulan pke roket , kalo maksud mu pesawat ulang aling , itu hnya jrk dkt aja kya ngtrin satelit ato stasiun ruang angkasa ,ga sampe bulan , tolong sebelum nanya itu cari tau dulu, dpt ilmu sesat dari mana tu

  16. Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951)

    Sumber : https://rumaysho.com/6575-menafsirkan-al-quran-dengan-logika.html

  17. Prof…gw cman heran? anda kok bisa sabar menghadapi mereka yang percaya FE ini..

    Sederhananya gini aja, sekarang ini ribuan ilmuwan muslim yang belajar tentang astronomi, geologi dan ilmu terkait lainnya..

    Tunjukkan satu saja di antara mereka yang membela teori FE?

    Kalau tidak ada? apakah mereka berdusta semua? kalau anda jawab YA..saya cman bisa bilang ber istigfarlah ?

  18. Ada cara berpikir yang kurang pas menurut saya di kalangan penganut FE. Yakni sebagai berikut :
    Konsep GE sudah di akui sebagai teori yang paling terpercaya saat ini, dan teruji selama ratusan tahun. Konsekuensinya jika ada yang ingin mengajukan sebuah teori baru maka mereka harus mengemukakan teori-teori tersebut beserta penelitian dan perhitungan yang mendukung. Selanjutnya mari kita uji sama-sama.

    Bukan dengan cara membuktikan kesalahan teori terdahulu kemudian menarik kesimpulan langsung bahwa teori baru mereka benar. (ini sebuah cara berlogika yang sangat salah).

    ANGGAP saja bahwa teori tentang GE saat ini salah, apakah kemudian itu langsung menjadi sebuah pembenaran tentang FE?? karena selain GE dan FE masih ada bentuk lain — Lonjong, segitiga, kubus, prisma dll.

    Tolong di benahi cara berlogikanya dulu sebelum mengemukakan suatu teori ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: