Jawaban Atas Pertanyaan Penggemar Dongeng FE – Bumi Datar – (Serial #1)


earth

Bumi itu bulat, tetapi penggemar FE tidak mempercayainya

(Gambar-gambar ilustrasi diambil dari internet).

T. Djamaluddin

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, LAPAN

FB LAPAN menerima banyak pertanyaan dari para penggemar FE (Flat Earth — bumi datar) dengan pola pertanyaan yang hampir sama. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk menjadi pembenaran bagi dongeng FE. Tulisan ini dimaksudkan sebagai kompilasi pertanyaan mereka dan jawaban saya. Tulisan ini serial dan akumulasi dari tanya jawab berkait dengan dongeng FE. Jawaban saya upayakan sesederhana mungkin dengan bahasa awam.

Q: Bagaimana foto asli satelit sebelum diluncurkan?

A: Saya tunjukkan foto satelit LAPAN A2 yang dibuat oleh LAPAN dan dilepas oleh Presiden September 2015 lalu. Spesifikasi satelit LAPAN-A2 juga diberikan di bawah ini.

lapan-a2lapan-a2-spek

Q: Apakah satelit yang diluncurkan tidak menabrak kubah langit?

A: Satelit diluncurkan sampai ketinggian lebih dari 400 km, misalnya satelit LAPAN A2 diorbitkan pada ketinggian 650 km. Tidak ada kubah langit. Ini video peluncuran satelit LAPAN A2 dengan roket India.

Q: Apakah dapat dibuktikan satelit itu ada? Apakah LAPAN mengendalikan sendiri satelitnya?

A: Pendalian satelit, komunikasi data, dan perolehan datanya menjadi bukti keberadaan satelit. Penggunaan satelit untuk siaran TV dan komunikasi data perbankan untuk ATM menjadi bukti pemanfaatan satelit yang langsung dirasakan masyarakat. Kalau diperlukan pembuktian langsung, silakan berkunjung ke Pusat Teknologi Satelit, LAPAN di Bogor. Di situlah dikendalikan satelit milik LAPAN.

pusat-kendali-satelit-lapan

Q. Apakah satelit di orbit bisa dilihat, untuk membuktikan keberadaannya?

A: Satelit yang kecil tidak ada terlihat karena terlalu jauh (ketinggian umumnya lebih dari 400 km). Hanya ISS (International Space Station) yang ukurannya sangat besar — hampir sebesar lapangan bola) yang dapat dilihat dengan teleskop.

iss-by-telescope

Q. Kalau bumi benar bulat, mengapa horizon permukaan air laut dan jembatan terpanjang tidak terlihat melengkung?

A:Jari-jari bumi sekitar 6.300 km.  Kalau kita ambil bentangan horizon laut atau jembatan terpanjang sekitar 2 km, maka bentangan tersebut terlalu kecil dibandingkan dengan jar-jari bumi. Coba kita buat skala kecil. Kalau jari-jari bumi dibuat 63 meter (kira-kira setengah panjang lapangan bola), maka bentangan jembatan atau horizon laut hanya digambarkan 0,02 meter (2 cm). Garis 2 cm pada lingkaran sebesar setengah lapangan bola seperti itu tentu tidak akan terlihat kelengkungannya.

Q. Bagaimana hitungan gerhana matahari tanpa menggunakan siklus Saros?

A: Hitungan gerhana matahari rumit rumusannya untuk difahami awam (bagi yang berminat, rumusan yang disederhanakan bisa dilihat di buku Astronomical Algorithm oleh Jean Meeus), tetapi pada prinsipnya memperhitungkan orbit bumi mengitari matahari, orbit bulan mengitari bumi, dan rotasi bumi. Siklus Saros yang sekitar 18 tahun hanya digunakan untuk menandai karakteristik gerhana yang mirip. Siklus Saros tidak bisa menghitung waktu dan jalur gerhana secara akurat. Dengan perhitungan gerhana yang akurat, NASA telah membuat aplikasi yang bisa digunakan oleh awam untuk menghitung waktu dan jalur gerhana. Misalnya, gerhana 9 Maret 2016 yang melintasi Indonesia.

gmt-2016

GMT 9 Maret 2016 adalah termasuk Siklus Saros 130. Kita tunjukkan karakteristik jalurnya mirip dengan GMT 26 Februari 1998 yang sama-sama seri Saros 130.

gmt-1998

[Bersambung dengan pertanyaan lainnya]

Iklan

124 Tanggapan

  1. Good Job Pak Thomas Jamaluddin 💪💪💪

  2. Saya belum ngecek sih, tapi kenapa ini “cuma” sebatas blog pribadi? Gak ditulis di situs LAPAN misalnya. Biar official gitu :/

    • Supaya lebih leluasa. Posisi saya sebagai Profesor Riset dengan tanggung jawab ilmiah, mendorong saya untuk memberikan edukasi publik di blog. Situs LAPAN hanya untuk informasi yang bersifat resmi dan tidak ada ruang untuk berdiskusi atau bertanya. Di blog, dimungkinkan pembaca untuk bertanya.

      • Dear pak djamal, boleh tanya itu satelit lapan mengorbit diketinggian berapa, dengan keceparan berapa dan pada lapisan atmosphere apa?, dan toLong di share suhu pda lapisan saat satelit meng-orbit.
        Maaf saya awam pak..

      • Setelit LAPAN mengorbit pada ketinggian 630, 650, dan 500 km pada lapisan thermosfer-exosfer. Pada ketinggian tersebut suhunya memang ekstrem, ratusan derajat. Tetapi penjalaran panas hanya dengan radiasi. Artinya hanya bagian yang menghadap matahari yang terpanasi. Bagian sebaliknya dingin. Pembuat satelit harus membuat sistem kendali suhu agar panas bisa dipantulkan atau disebarkan agar suhu satelit berada pada rentang yang aman.

      • kalau gambar asli satelit yang sudah ada di luar angkasnya bisa diperlihatkan pak? jujur saja yang saya lihat selama ini hanyalah gambar CGI. satelit,bumi seluruh planet pun terlihat seperti CGI setelah saya lakukan teliti suatu foto maka terlihat jelas foto tersebut sudah diedit alias tidak asli. jari2 bumi juga itu-kan hanya sebuah asumsi.

        satelit sudah banyak kan pak, sekitar puluhan ribu. pertanyaan saya kenapa satelit tersebut belum pernah mengalami tabrakan terhadap satelit yang lain?

        mengenai video diluar angkasa, nasa memperlihatkan live streaming di bumi dan juga di matahari di youtube. kok gambar tersebut seperti CGI pak?

        Mohon pencerahan

      • Satelit yang sangat tinggi (di atas 400 km) terlalu kecil untuk bisa dilihat. Dengan teleskop hanya tampak seperti titik cahaya, kecualu ISS yang ukurannya sebesar lapangan bola, etrlihat jelas bentuknya kalau dilikat dengan teleskop.

        Satelit tabrak sudah pernah terjadi antara satelitnya Amerika dan bekas satelitnya Rusia.

        CGI hanya untuk simulasi yang menjelaskan mekanisme. Video rekaman citra matahari dan pengamatan bumi jelas bedanya dengan CGI. Silakan tanya pakar IT untuk membedakan video asli dan CGI.

      • sejauh ini saya berterimakasih atas atensi bapak untuk sabar menanggapi wabah FE di negeri ini. tapi satu hal pak, saya mohon agar bapak konsisten dengan Fact yang bapak berikan itu berdasarkan analisa ilmiahnya dan bapak telah memastikan keabsahannya berdasarkan riset bapak sendiri.
        best regard Prof.

      • Argumentasi ilmiah tidak harus hasil riset sendiri, tetapi sebagian besar adalah hasil akumulasi riset banyak peneliti dalam jangka panjang. Perbedaan argumentasi ilmiah dengan argumentasi non-ilmiah adalah pengujian konsistensi dengan hasil-hasil riset lainnya.

      • Argumentasi ilmiah tidak harus hasil riset sendiri, tetapi sebagian besar adalah hasil akumulasi reset banyak peneliti dalam jangka panjang. Perbedaan argumentasi ilmiah dengan argumentasi non-ilmiah adalah pengujian konsistensi dengan hasil-hasil riset lainnya.

      • ke fanpage LAPAN kalo gitu! hehe

      • saya orang I.T pak, ketika saya melihat video live stream di youtube : https://www.youtube.com/watch?v=SF7FUU7CThs

        terlihat seperti CGI d video tersebut. bintang-bintang pun tidak terlihat di video tersebut, padahal bintang2 dapat dilihat dari bumi.

        mungkin bapak dapat memberikan pencerahan kepada saya, kenapa bintang2 tidak dapat terlihat padahal sudah diluar angkasa. terimakasih..

      • Dear Prof,

        Boleh minta tautan atau link yg menunjukan bahwa ada foto ISS yang dapat dilihat dari teleskop?

        Sekedar ingin mencari tahu referensi yg kredible, krn setelah saya lihat foto yg di attach Prof. ada keterangan digital illustration nya Prof.

        Dan ternyata foto itu hasil seorang astronomical sketchers bernama Jeremy Perez

        http://www.perezmedia.net/beltofvenus/archives/001543.html

        Trims Prof 🙂

      • http://www.perezmedia.net/beltofvenus/archives/001525.html
        Baca penjelasannya tentang upaya pengamatan dengan teleskop dan keterangan teleskop yang dipakai pada gambar.

      • Dear Prof,

        Terima kasih telah meluangkan waktu menjawab pertanyaan saya. Tp saya masih meragukan akan kredibilitas seorang astronomical sketchers. Karena tetap saja penjelasan Jeremy Perez dalam tautan tsb. yang dipublikasikan ujung”nya adalah sebuah sketsa / illustrasi dalam sebuah versi digital.

        Saya masih menunggu referensi lain yang memang dokumentasi hasil dari observasi sebuah teleskop yg sebenarnya. Atau mungkin kalau LAPAN pernah observasi ISS pakai teleskop bisa di publikasikan hasilnya Prof.? , krn saya belum menemukannya selama ini.

        Trims Prof.🙂:)

  3. Masya’ Allah Tabarakallah, lanjutkan prof…! barakallahu fiik

  4. Wah…hampir tiap Malam Rabu dan Malam minggu saya badminton di Gor Lapan bareng pak Tri dan Pak Zen. Hanya bisa melihat Parabola dan Gedung yang seperti Bola. Kebetulan saya tinggal di Kampung Cikoleang. Pengen rasanya bisa berkunjung untuk melihat apa yang bisa dilihat dr satelit A2.

  5. Reblogged this on Fariz Mamad and commented:
    Jawaban yang ringan, bisa diterima kalau membuka diri. Terima kasih Bapak Profesor

  6. Maaf pak Thomas, sepertinya untuk perumpamaan ada yang perlu bapak ralat.Angka 6.300 km dengan 2 km, harusnya 63 meter dan 2 centimeter, bukan 2 meter. Lebih ‘make sense’. Terima kasih.

  7. Lapan A2 diluncurkan hingga ketinggian 650km, 650km sudah masuk di lapisan termosfer dengan suhu 1500°C, dengan suhu seprti itu apa satelit tetap aman tanpa terbakar, meleleh atau hangus??
    Mohon di jawab dan koreksi jika salah,
    Maafkan saya yg awam ini…😇😇😇

    • Memang satelit berada di thermosfer yang suhunya ekstrem. Tetapi panas itu dijalarkan secara radiatif, jadi hanya bagian yang menghadap matahari yang terpanasi. Bagian sebaliknya dingin. Jadi, satelit menerapkan sistem kendali suhu agar suhu satelit secara rata-rata berada pada rentang yang aman.

      • Wow amazing pak, boleh tau nama sistem kendali suhu ekstrem yang bapak maksud? Saya coba cari kok gak ada ya?
        Kalo bapak bilang satelit sangat jauh jadi jika dilihat hanya seperti titik cahaya, kecuali ISS karena sebesar lapangan bola “katanya” kenapa Planet2 bisa dilihat dengan jelas ya pak? Apakah beda teleskop? Jika beda knp ga pke telesko yg sama untuk melihat planet digunakan untuk melihat satelit?
        Lalu pertanyaan saya tentang kecepatan satelit lapan saat mengorbit berapa belum dijawab pak, mohon pencerahanya… saya sangat awam masalah astronomi begini

      • Oiya pak masalah suhu di lapisan thermosfer yg 1500°C itu suhu dilapisan itu loh pak, tidak ada pengaruh menghadap matahari atau tidak,
        contoh saya ada didalam ruangan dengan suhu 40°C,mau saya menghadap manapun suhu tetap sama, saya mau telentang atau terlungkup suhu akan tetap sama terhadap saya.
        Jadi agak kurang bisa saya cerna masalah suhu yg hanya sebagian terpengaruh panas dan sebagian justru dingin, ini sangat aneh pak. Mohon berikan link artikel untuk penjelasan ini.
        Saya coba cari belum ketemu,

      • Suhu tinggi di antariksa jangan dibayangkan seperti di bumi yang ada atmosfernya, sehingga panasnya disebarkan juga oleh udara. Di antariksa yang tidak ada atmosfernya, sumber panas hanya matahari. Jadi hanya bagian yang menghadap matahari yang panas. Di bagian sebaliknya sangat dingin karena tidak terkena sinar matahari.
        https://en.wikipedia.org/wiki/Spacecraft_thermal_control

      • Siang Prof. Pertanyaan dari awampedia yang ke-2 bagus, bisa tolong dijawab ya? saya juga penasaran.

        Best Regard

      • Suhu tinggi di antariksa jangan dibayangkan seperti di bumi yang ada atmosfernya, sehingga panasnya disebarkan juga oleh udara. Di antariksa yang tidak ada atmosfernya, sumber panas hanya matahari. Jadi hanya bagian yang menghadap matahari yang panas. Di bagian sebaliknya sangat dingin karena tidak terkena sinar matahari.
        https://en.wikipedia.org/wiki/Spacecraft_thermal_control

      • Saya coba bantu menjawab untuk pertanyaan Awampedia yang mengenai kenapa planet bisa dilihat dengan jelas. Mohon dikoreksi Prof kalau ada yang salah.

        Bisa di lihat di gambar di artikel ini kalau ukuran satelit itu kecil. Satelit Lapan saja ukurannya 50x47x38 cm. Meja kerja saya saja lebih besar ukurannya. Belum lagi jarak orbitnya yang sangat jauh. Untuk perbandingan, pesawat komersial (garuda, qantas, dll) terbang di ketinggian belasan km saja sedangkan satelit ada di ketinggian 650km. Tentunya anda sudah pernah melihat pesawat yang sedang terbang. Ukurannya terlihat kecil bukan? Nah, satelit itu kebanyakan berukuran lebih kecil dari pesawat dan berada di ketinggian 60x dari ketinggian pesawat. Bisa dibayangkan seberapa kecilnya atau bahkan mungkin tidak terlihat sama sekali.

        Sedangkan planet ukurannya jauh lebih besar (mars dan venus ukurannya mendekati bumi, sedangkan jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus ukurannya puluhan kali ukuran bumi) daripada pesawat. Jadi meskipun jauh, planet masih dapat terlihat meskipun kecil.

        Ditambah lagi dengan ukuran satelit yang kecil, ketinggiannya yg ratusan km, dan kecepatan geraknya yang sangat cepat (suatu benda butuh bergerak sangat cepat agar dapat mengorbit) (Lapan dirancang untuk bisa melintasi Indonesia sebanyak 14 kali dalam 1 hari, yang berarti pergerakannya sangat cepat) maka akan sangat sulit untuk bisa melihat satelit tersebut.

        Sebagai tambahan, menggunakan teleskop pun, planet tidak terlihat benar-benar jelas. Gambar – gambar planet yang sangat jelas dan beresolusi tinggi yang biasa kita lihat umumnya berasal dari foto yang diambil oleh penjelajah antariksa tanpa awak yang melintasi planet tersebut. Ada juga yang menggunakan teropong antariksa Hubble yang mengorbit bumi. Teleskop Hubble ini berada di luar angkasa, layaknya satelit, dengan lensa mengarah ke luar angkasa. Hubble ini ‘mungkin’ (mohon koreksi kalau saya salah) mampu melihat satelit – satelit yang ada di luar angkasa, namun dengan kecepatan satelit yang sangat tinggi, akan sangat sulit untuk bisa mengetahui letaknya untuk dilihat. Belum lagi seberapa mahal dan sulit untuk bisa memutar teleskop tersebut agar bisa mengarah ke bumi agar dapat melihat satelit tersebut.

        Semoga bisa membantu menjawab dan menjelaskan. Dan untuk Professor, mohon dibantu koreksi kalau jawaban saya ada yang salah atau kurang.

      • Wah luar biasa, lalu bagaimana dengan para astronot yang bisa keluar dengan leluasa di luar angkasa, apa jangan2 baju mereka juga sudah dilengkapi dengan tekhnologi heat control? Jujur kalau menggunakan source wikipedia pun saya masih kurang yakin, karena Wiki sendiri itu sumber informasinya juga belum tentu kredible, saya lebih percaya dengan jurnal ilmiah atau disertasi dari researcher.

        Salam satu Indonesia

      • Ya, baju astronot pasti dilengkapi sistem kontrol suhu.

      • Wow penjelasaanya super sekali pak tentang Suhu yang sifatnya extrem terhadap sinar matahari bahkan hanya yang terkena sinar saja yang panas lalu bagian sebaliknya dingin, saya mau tanya itu para astronot yang pada keluar melayang layang di luar angkasa itu kan kena matahari langsung, apakah bajunya juga di lengkapi Temperature Control seperti bapak bilang? ini baru bicara soal suhu pak, belum lagi katanya satelit itu bergerak 28rb km/jam, yang katanya juga menggunakan gaya tarik bumi untuk berotasi, yang saya bingung itu astronot kok enjoy amat diluar sepertinya satelitnya diam dan tak terjadi apa apa
        ini contoh videonya,

        Bapak sudah ngeles panjang lebar tentang satelit yang memiliki sistem control suhu, itu sekarang kalau dulu Sputnik 1 tidak ada yang menyatakan menggunakan itu pak, mereka hanya menggunakan sistem control suhu pelindung elemen bagian dalam satelit. Tolong jangan gunakan Wikipedia, sebab wiki sendiri banyak sumber yang tidak akurat dan selalu di update datanya setiap saat, anda sudah lulu kuliah Doctor semestinya tau jika wikipedia tidak bisa di jadikan acuan research atau pembuktian.

      • Untuk bisa memahaminya, belajar fisika ya. Gerak benda di orbit itu karena gravitasi bumi.
        Terkait dengan suhu di antariksa, jangan dibayangkan seperti suhu di permukaan bumi yang padat atmosfernya.
        Ayo belajar fisika akan tidak terjebak dongeng FE.

      • Saya setuju dengan Kuswara, anda lupa satu hal pak, di luar angkasa yang suhunya extrim seperti bapak bilang, matahari bukan hanya menyinari Satelit, Orang yang pakai baju luar angkasa dimana kedua hal ini anda sudah claim memiliki control suhu, TETAPI anda lupa kalau ada Tali pengaman, Kabel, lalu Solar Panel, hahaha masa sih tali pengamannya juga dilengkapi control suhu?

        wassalam !

      • Please deh pak, itu tali pengaman kalau ga pake control suhu, bakalan kebakar dalam hitungan detik dengan panas segitu. Jangan bilang itu ada control suhunya hhahahaha

      • satu lagi pak ketinggalan, Kenapa harus belajar Fisika agar tak terjebak Dongeng FE? kalau anda saja yang sudah belajar Fisika dan dapat gelar Doctor tidak bisa menjelaskan gerhana hahahahah anda belajar lagi lah #pret

      • Itu tali yg di pake di lapisin tali para astronot isolator mas

    • saya permisi bantu jawab ya prof. mungkin mas Awampedia bisa searching pake keyword “radiative equilibrium temperature”, atau baca https://books.google.co.id/books?id=_dpkAgAAQBAJ&lpg=PP1&pg=PP1&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false .

      mungkin halaman ini bisa dibaca juga untuk menjelaskan: https://www.metabunk.org/how-satellites-survive-the-temperature-of-the-thermosphere.t6930/

      selain itu, saya ingin menekankan bahwa scientist tidak memperoleh pengetahuan dengan sekedar googling, tapi dengan bersandar pada pembuktian yang dilakukan scientist sendiri sebelumnya, atau oleh scientist lain. dan jurnal-jurnal penelitian yang menjadi dasar penelitian berikutnya juga sudah divalidasi oleh pihak-pihak yang kredibel (cek sistem validasi jurnal penelitian).

      • space craft thermal control. jika memang ada hrsnya sudah diaplikasikan ke kendaraan perang. atau menjadi kendaraan untuk masuk kedalam lahar gunung berapi. tapi kenyataannya adakah kendaraan perang yg kebal terhadap hantaman panasnya peluru kendali?
        atau adakah kendaraan yg bisa masuk menyelam kedalam lahar kawah gunung berapi dan muncul lg dlm kondisi utuh?
        kita harus melihat bukti dari teknologi tersebut seblum mempercayai 100% tulisan tentang space craft thermal control.
        karena untuk audit barang yg ada di ketinggian 500km dari permukaan bumi itu sulit.
        makanya saintis nasa mengarang soal space craft thermal control. karena tidak akan ada yg bisa mengaudit barang yg ada diluar angkasa.
        sangat pintar dan licik saintis nasa

  8. 1. Sebenarnya Siklus Saros digunakan oleh Nasa atau tidak? berpatokan pada saros atau tidak? krn menurut penjelasan prof perhitungan gerhananya nya menggunakan aplikasi Nasa. tp kenyataan hasilnya koq sama kaya siklus Saros? gerhana maret 2016 sama kaya Februari 1998.
    2. Teman2 FE ingin mengajak Prof untuk pembuktian Antartika. untuk terbang bersama, bukan hanya dipinggiran Antarika tapi dari Sydney MELINTASI Antartika. itu Bener nyampe di Santiago Chili apa tidak? ayo prof..sekalian jalan2..hehehe

    • Perhitungan gerhana yang dilakukan NASA dan para astronom tidak mengguanakan siklus Saros. Seri saros hanya untuk menunjukkan jenis gerhana yang sama sifatnya. Lagi pula siklus saras hanya perkiraan waktu, tidak bisa menunjukkan jalurnya.

      Untuk pembuktian ke Antartika, silakan dipersiapkan segala sesuatunya, termasuk tiketnya (karena saya diajak). Saya siap berangkat mendampingi … kalau cuaca memungkinkan. Maskapai Qantas telah membuka jalur penerbangan Sydney – Santiago untuk penerbangan saat Antartika agak hangat (agar tidak bermasalah dengan mesin pesawat).

      • kalau begitu pa kami boleh tau perhitungan gerhananya NASA dan para Astronom seperti apa ? apakah menggunakan metoda saintifik berdasarkan observasi atau experimen ?
        nah, perihal antartika maksud kami bukan di maskapai Qantas karena jalur penerbangan Sydey- Santiago masih dipinggiran antartika.. maksud kami dari sydney melintasi antartika. perihal lainya kami bersedia mempersiapkan dana risetnya kok pa, namun perihal kewenangan serta legimasinya bapa yang mungkin lebih kompeten dibidangnya dan siap bertanggung jawab tentunya..
        penjelasan bapa sudah cukup awam.. kami mohon penjelasannya yang lebih kompeten dan saintifik karena perihal ini serius dan disini kami tidak semua orang awam .

      • Yang dikatakan evan diatas saya setuju, melintasi antartika bukan di pinggiran lho ya. Yang menghadap bapak kemaren itu hanya segelintir FE doang, ini macan2nya belum pada muncul lho hehehhe kita juga banyak dari kalangan pengusaha, mahasiswa, dan kalangan lainnya, saya sendiri sekarang tinggal di Hong Kong siap juga mendanai kalau hanya untuk melintasi antartika, ingat Antarctic Treaty, jangan hanya khawatir pada cuacanya saja hehehe

      • Boleh jalan-jalan ke Antartika. Sekarang sudah ada maskapai yang terbang lintas antartika. Namun kana lebih bermanfaat untuk belajar fisika dulu agar logika sainsnya bisa berjalan.

      • Jadi turis dipinggiran antartika doang maksudnya pak? Lol

      • Pak maaf pak sebelumnya,ijin gabung,kan waktu saya sd itu kan kalau gak salah neil amstrong ya pak yang pertama kali mendarat di bulan,tapi kok kalau dia orang yang pertama mendarat di bulan yang foto siapa pak? Terus kalau ada yang foto,apakah komponen kameranya juga ada system pembagi panasnya pak,terimakasih

      • Ada dua astronot yang mendarat, Armstrong dan Aldrin. Suhu di bulan sangat dingin, karena tidak ada atmosfer.

    • Saya juga mau kalau diajak melintasi antartika dan jalan-jalan keluar angkasa membuktikan bumi datar atau bulat.. Saya belum pernah naik roket. Otak saya tidak cukup pintar untuk menjadi astronot ataupun peneliti NASA/LAPAN.
      Terima kasih sebelumnya..

  9. Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk….
    Otak sy ga nype ke ujung dunia.

  10. maaf pak jamal mau tanya kenapa waktu terjadinya gerhana durasinya lebih cepat pergerakan bumi dari pada tidak terjadinya gerana??

  11. terimakasih prof atas penjelasannya informasi ini tidak hanya bermanfaat bagi saya tetapi bagii teman saya yang masih percaya akan dongen FE. semoga setelah lulus kuliah saya bisa bergabung dengan lapan di bagian remote sensing

  12. mantaps… tpi pak thomas saya menemukan ada yg aneh pada bagian gambar siklus gerhana itu, anda kan menjelaskan siklus saros prinsipnya memperhitungkan orbit bumi mengitari matahari, orbit bulan mengitari bumi, dan rotasi bumi. di gambar itu tertulis geocentric coordinates, geosentrik itukan artinya buminya diam tidak bergerak (tak berotasi)? beda dgn heliosentrik. apa mungkin siklus itu tidak memperhitungan rotasi krena di tulis geocentric? kalo rotasinya juga di hitung hasilnya beda lagi ga sesuai dgn kenyataan di lapangan?

    • Koordinat geosentrik artinya kerangka rujukannya adalah pusat bumi. Untuk koordinat pengamat digunakan koordinat toposentrik (di permukaan bumi). Ada juga koordinat heliosentrik ketika menghitung peredaran bumi mengitari matahari. Penggunaan kerangka koordinat disesuaikan dengan kebutuhan perhitungan.

      • Saya mo tanya, nih prihal ayat suci Al Qur’an surat Al Anbiya:30, (dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing beredar pada garis edarnya) jadi pertanyaan saya prof,,,matahari beredar apa diam? Atau bumi diam dan bulan serta matahari beredar pada garis edarnya mengelilingi bumi? Makasi atas jawabannya prof…hehehe

      • QS. 21:30 bukan itu maknanya, itu terkait dengan awal penciptaan alam semesta.
        Terkait dengan sistem bumi-bulan-matahari bisa dilihat di QS 36:36-40. Di galaksi, matahari mengelilingi pusat galaksi. Di tata surya, matahari yang dikelilingi planet-planet, termasuk bumi. Bumi dikelilingi bulan. Baca di blog saya https://tdjamaluddin.wordpress.com/2012/11/06/hakikat-hilal-dan-aplikasinya-pada-pembuatan-kalender/

      • Assalammualaikum pak ..Jujur saya awam banget dlm hal astronomi atau ilmu apapun yg menyangkut bintang dan luar angkasa. Namun yg mnjd prtnyaan logika dasar saya ini adalah ttg mengukur titik lengkungan bumi. Kawan2 FE mengatakan klo pake teori tagoras kita bisa mengetahui titik lengkungan bumi dgn menggunakan hati2 dan luas bumi versi NASA. Kalo emg bisa, menurut bapak sendiri dimana titik lengkungan bumi? Dan pada ketinggian berapa kita bisa melihatnya? Sekian pak terima kasih. Sekali lagi saya mohon maaf ..Karena pengujian versi FE tidak pernah melihat titik lengkungan bumi di ketinggian brppun..Mohon pencerahannya pak ..wassalam

      • Bumi itu berjari-jari 6.300 km. Dari ketinggian pesawat terbangm kelengkungan itu tidak terlihat. Dengan satelit baru terlihat jelas. https://tdjamaluddin.wordpress.com/2016/12/21/flat-earth-dongeng-tanpa-landasan-ilmiah/

      • yang dikatakan ayat tersebut matahari dan bulan yang beredar.. tidak menyebutkan bumi yg beredar..
        saya rasa ada kebohongan sains dsni yg menganggap negara adidaya tersebut sudah sangat maju drpd negara lainnya dengan mengakui sains dr negara tersebut benar adanya,,
        mengenai profesor blg dalam 63 meter terjadi pergeseran hanya 2 cm..
        coba dbuat yg lebih jauh..
        dengan mengukur pakai laser, peletakan pengukuran berdasarkan ketinggian permukaan laut..
        ambil jarak 630 meter.. apakah terlihat ada pergeseran sinar laser sejauh 20 cm dr jarak awal peletakan laser hingga 630 meter leser diterima..
        mohon dberikan bunti ilmiah agar kita percaya bahwa FE is salah

      • Sains itu adalah akumulasi pemahaman manusia akan alam sepanjang sejarah manusia. Pemahaman itu diformulasikan secara bertahap dan terus disempurnakan. Pola pikir ala dongeng FE sama sekali tidak mengandung unsur sains, hanya “cocokologi” alias comot sana-sini lalu dicocokkan dengan kerangka berfikir FE. Itu berbeda dengan kerangka berfikir sains, yang mengumpulkan data dulu baru kemudian hasil pengolahan data dan analisisnya menghasilkan kesimpulan. Pengujian yang berulang-ulang atas berbagai hasil penelitian baru menghasilkan teori. Teori gravitasi Newton tetap berlaku, walau konsep generalisasinya disempurnakan oleh teori relativitas umum.

      • #menanggapi “cocokologi” =>>
        Sebelumnya salam kenal prof, ijin bergabung juga. orang2 FE memang tidak punya lembaga yg menaungi nya,jadi terkesan hanya berkhayal dan berimajinasi “cocokologi”.
        Mungkin saya bisa dikatakan penganut “cocokologi” juga,
        Karna sya terganggu dengan sifat2 air,
        Ceritanya begini..
        70% dr permukaan bumi katanya perairan.
        30% adalah daratan,

        Sifat air selalu rata. Rata bisa di artikan pula datar.

        Berarti bumi itu sendiri datar(rata) hanya daratan saja yg menjulang,makanya smpai ada ukuran sekian meter dr permukaan air laut.
        Itu bagaimana ya,, tolong kasih pencerahan.

      • Sifat air yang rata untuk bidang yang terbatas. Sesungguhnya sifat air mengikuti garvitasi bumi. Untuk bidang yang terbatas terlihat rata, tetapi untuk bidang yang luas melengkung mengikuti kelengkungan bentuk bumi.

  13. Assalamu’alaikum Prof, mohon dijelaskan ada berapa lapisan yang mengelilingi Bumi sampai pada wilayah Matahari, mohon juga, berapa kah suhu pada tiap-tiap lapisan tersebut

  14. […] Kamu yang tertarik dengan jawaban Profesor Thomas Djamaluddin bisa melihat di channel Youtubenya atau di blog tdjamaluddin.wordpress.com […]

  15. Pak saya mau tanya. Sinyal gps yang di terima di gadget kita misalnya handphone itu langsung dari satelit atau melalui perantara media lain terlebih dahulu.

    • Sinyal GPS dari satelit GPS. Sinyal itu kemudian dioleh oleh pesawat penerima GPS untuk menampilkan koordinat lokasi. Untuk gadget, tidak selalu menggunakan satelit, karena gadget juga menggunakan sistem komunikasi selular yang didukung BTS.

      • Pak saya mau tanya,klo memang ada satelit kenapa waktu belum dibangunnya BTS pada suatu lokasi susah untuk menggunakan Ponsel.Terus syarat secara teknis untuk didirikannya BTS bagamana?

      • BTS sebenarnya sebagai jaringan komunikasi yang terbatas di daerah yang berdekatan untuk menerima dan memancarkan sinyal komunikasi. Penempatan BTS harus memperhatikan jangkauan dan halangan, misalnya adanya gunung. Untuk komunikasi lintas pulau atau negara, dibantu dengan komunikasi serat optik atau satelit. Untuk daerah yang jauh dari BTS dan tidak ada jaringan serat optik (seperti di pulau terpencil atau pengeboran minyak di tengah laut), umumnya menggunakan telepon satelit, yaitu perangkat telepon yang bisa langsung menerima dan mengirim sinyal komunikasi melalui satelit.

  16. Alhamdulillah dapat pencerahan 🙂

  17. waduh jgn coba coba melintasi atas dinding es antartika. bahaya itu ada perjanjian antartika antara 12 negara klo ga salah. dinding es antartika menjadi daerah yang terlarang untuk umum. entah kenapa?? mungkin ada yang bisa kasih jawaban?

    • Tidak ada dinding es di kutub Selatan. Itu dongeng, sama asyiknya dengan dongeng FE, tetapi tanpa bukti ilmiah.

      • tapi bagaimana dengan pengakuan video dari admiral richard byrd. yang membahas bahwa ada wilayah sebesar amerika yang keberadaannya melewati benua antartika. jika melewati antartika menurut teori bumi bulat, pastinya akan bertemu dengan benua lain atau negara lain. akan tetapi admiral byrd menyatakan bahwa ada wilayah seukuran amerika yang posisinya melampaui benua antartika. bisa kita cari videonya
        wawancara pengakuan admiral byrd di youtube tentang memimpin misi ke antartika.
        terus mengapa amerika serikat membangun banyak pangkalan militer di antartika. dan wilayah antartika secara keseluruhan tidak terbuka untuk umum. jika di daerah pinggirannya saja itu boleh utk wisatawan. tapi mengapa ada daerah tertentu di antartika yg di jaga ketat oleh gabungan militer dari ke 12 negara.
        belum lagi setahun setelah PD II ada operation high jump. dan di ikutin operation deep freeze beberapa thn kemudian yg merupakan eksplorasi misi terbesar sepanjang sejarah umat manusia ke antartika.
        mengapa sampai seserius itu.
        bagaimana jg dgn jurnal perjalanan laut captain coock. yg mengelilingi antartika selama 3tahunan. padahal jika diliat luas antartika versi bumi bulat, tidak akan sampai 3tahun mengelilinginya.
        kita bertanya serta berstatement bukan berdasarkan mendengarkan dongeng mahabarata atau kisah dewa yunani kuno. tetapi kita bertanya dan berstatement karena melihat sejarah dan fakta baik masa lalu mau pun sekarang.

      • Silakan bandingkan dengan sumber-sumber lain, misalnya https://en.wikipedia.org/wiki/Richard_E._Byrd

      • link wikipedia tentang admiral byrd kurang spesifik menjelaskan tentang apa yg dilihat oleh admiral byrd dikutub selatan. untuk lebih jelasnya kita liat saja pernyataan langsung admiral byrd tentang apa yg dia lihat setelah melewati kutub selatan. kata kuncinya adalah “ada wilayah yg sebesar amerika. dan posisinya MELAMPAUI KUTUB SELATAN. berarti jika menurut teori bumi bulat harusnya admiral byrd bertemu dengan negara lain setelah melewati kutub selatan. tapi yang dia katakan dalam video tersebut adalah “ada wilayah lain sebesar amerika. dan posisinya melampaui kutub selatan”. pernyataan itu jelas menyatakan jika bumi bukanlah bulat.
        Watch “Pernyataan Admiral Byrd
        (tentang antartika)” on YouTube

  18. Simpelnya, bulan dapat cahaya dari mana pada malam hari, saat bulan purnama, kayanya mereka lupa dengan bulan purnama, mungkin mereka sangat semangat dengan pendapatnya.

    Memang masuk akal dengan persentasi FE dari youtube yang episode #11 yang durasinya satu setengah jam.

    hampir saja saya terpengaruhi.

    saya mau nanya pak Jamaluddin, kenapa bulan hanya menampakan wajah nya satu sisi saja?

  19. Prof saya mau tanya, saya punya 2 pertanyaan.
    sebelumnya saya berterima kasih karna anda mau meluangkan waktu untuk membahas masalah isu FE ini dengan membuat halaman blog khusus para flaters (orang yang tertarik dengan teori bumi datar).

    pertama,menurut beberapa artikel yang saya baca, jika satelit itu terbang di ketinggian/orbit yang berbeda beda dengan suhu yang berbeda pula, berada di ruang vakum udara dan hampa udara. lalu bagaimana bisa Prof satelit itu mengirim sinyal dan informasi ke parabola2 yang ada di bumi. sedangkan frekwensi itu di hantarkan lewat media udara.

    yang kedua saya pernah dengar bapak bilang bahwa meteor dan sampah2 antariksa yang jatuh itu tidak sampai ke bumi karena terbakar oleh beberapa lapisan atmosfir, sedangkan sampah2 antariksa itu dulunya adalah benda2 yang di kirim dari bumi juga (satelit), lantas kenapa hanya terbakar saat jatuh, sedangkan saat pertama kali di kirim dari bumi menuju luar angkasa tidak, padahal melewati lapisan atmosfir yang sama.

    itu beberapa hal yang cukup mengganggu saya prof, hehehe
    sebelumnya maafkan saya yang awam ini, dan terima kasih atas jawabannya.

    • Gelombang radio (sama halnya dengan cahaya) merambat secara radiasi, tanpa media pengantar. Jadi sinyal radio dari satelit, juga dari bintang-bintang dan matahari, dapat diterima dengan perangkat parabola.
      Satelit dan sampak antariksa (termasuk meteor) terbakar ketika memasuki atmosfer padat, mulai ketinggian 110 km. Ada yang terbakar habis, ada pula yang bersisa (kalau materialnya sangat kuat, seperti logam Titanium).

  20. […] Untuk lebih lengkap atas penjelasan (ada 3 seri artikel) beserta Videonya, anda bisa melihatnya di blog Thomas Djamaluddin disini […]

  21. Selamat malam prof, sebelumnya saya ijin ikut nimbrung dan saya juga awam, saya tidak tau mana yang benar bumi bulat atau datar. dari yang saya baca perbincangan menarik dari atas sampai bawah sampai paling bawah. jadi saya ada beberapa list yang mungkin ingin saya bantu boldkan dan ingin saya tanyakan prof. sebelum saya bertanya saya mohon maaf dengan tata bahasa saya bila seakan “nyenthee”/nyolot. dan trimkasih bila diresponse oleh prof. saya juga gemar menggunakan CAPS untuk menerangkan bahwa ini penting dan ini perlu untuk di perhatikan sehingga caps cukup krusial dan terakhir saya mohon maaf kepada teman” maupun tamu di blog ini yang mau menjawab bila saya tidak menerima jawaban anda. karena menurut saya selain jawaban pak prof. saya anggap bukan jawaban tapi cuman intermezo. karena diantara kita semua yang komentar disini hanya pak prof saja yang secara otentik kepala peneliti LAPAN. dan kita semua tau itu. terkecuali bila anda bisa menjawab pertanyaan saya dan memperilhatkan bukti bahwa anda peneliti (seperti riwayat hidup, atau riset terakhir terkait penelitian antariksa) saya kecualikan. maaf juga bila seakan saya sok sokan padahal baru anak kemaren sore. yang saya lakukan semata – mata ingin tau kebenaran saja dan saya serius akan hal itu.

    Q :
    1. Dari perbincangan diatas ada pertanyaan yang jawabanya belum bisa spesifik dan Logis tentang “kenapa satelit tidak kelihatan?” sementara kita tau ada microscope yang bisa melihat benda yang super kecil sampai seukuran micron bahkan nano, walaupun MEMANG dari cara melihatnya saja sudah beda dari jaraknya antara microscope dan telescope. secara logis bila misal ada suatu situasi kita melihat bulan dari bumi dan ada satelit didepan bulan seharusnya nampak karena gambar bulan saja bisa detail

    2. Diatas saya membaca hal yang justru membuat saya menjadi semakin gagal dalam memahami teori bumi bulat yaitu saat ada yang menjawab satelit itu cepat dan karenanya sulit untuk dilihat. well, penjelajahan antariksa semakin tidak mungkin terjadi kalau kaya gitu dong prof. memang berapa kecepatan satelit itu pak sampai bisa 14x mengelilingi bumi dalam sehari. lalu itupun terjadi disaat bumi itu juga berotasi pada porosnya, kalau dibayangkan pasti aneh.

    3. Anehnya lagi misal pesawat ulang alik keluar dari lapisan terluar atmosir dan lepas dari bumi menuju kebulan dari penjelasan ilmu antariksa dikelas saat itu ketika smp bumikan berputar pada garis edarnya yang ditengahnya ada matahari dengan kecepatan yang bisa dibilang cepat (walau masih teori angka) nah pada situasi itu kan gak logis kalau dia (pesawat ulang alik) super kecil ukuranya dibandingkan bumi keluar dan bisa ke bulan dengan situasi bulan juga berotasi pada porosnya yaitu bumi, lantas kecepatan pesawat itu super cepat dong? padahal bumi sendiri mengelilingi matahari, harusnya dia-kan ketinggalan kecepatan bumi. ataukan ini pengaruh gravitasi?*

    4. Para flater sering menggemborkan tentang Gravitasi itu not real, it’s just a hoax and so on. pak tolong dijelaskan pada mereka kenapa gravitasi itu ada dan bukan cuman teori. sehingga mungkin flater bisa memahami lebih dalam tentang hal itu. karena kebanyakan teori mereka berawal jg salah satunya dari keganjilan teori gravitasi. atau bila perlu bukti ilmiah sekalian prof. dalam bentuk link research paper atau semacamnya.

    • 1. Silakan gunakan perbandingan untuk menghitung perbandingan ketampakan satelit yang ukurannya kecil. Misalnya satelit LAPAN ukurannya hany 50 cm ditempatkan pada jarak 650 km. Ibaratnya benda yang ukurannya 0,00005 meter = 0,005 mm ditempatkan pada jarak 65 meter (kira-kira setengah lapangan bola). Kalau pun dengan teleskop hanya terlihat seperti titik. Itulah yang digunakan dalam sistem pemantau satelit. Mata manusia tidak bisa melihatnya, tetapi dengan program komputer satelit-satelit dan sampan antariksa dapat dideteksi.
      2. Jangan dibayangkan, harus dihitung dengan mekanika orbit. Silakan belajar fisika dulu ya.
      3. Kalau dengan rumus gravitasi, itu mudah menjelaskannya. Sayangnya penggemar dongeng FE tidak percaya gravitasi, jadi hal yang sederhana dianggap aneh.
      4. Ya, sudah. Kalau gak faham gravitasi, gerakan objek langit dan satelit gak akan faham. Ibaratnya, kalau mau berdagang gak bisa berhitung, ya pasti rugi terus. Padahal kalau faham teori gravitasi, banyak manfaatnya, antara lain untuk meluncurkan satelit dan untuk melakukan penerbangan ke bulan.

  22. […] eclipse.gsfc.nasa.gov/SEcat5/SE2001-2100.html dan eclipse.gsfc.nasa.gov/LEcat5/LE2001-2100.html 16 tdjamaluddin.wordpress.com/2017/01/02/jawaban-atas-pertanyaan-penggemar-dongeng-fe-bumi-datar-serial… 17 Sumber: Prof. Dr. Paul Doherty, Exploratorium […]

  23. Mohon maaf Prof, ayat tersebut jutru dengan sangat jelas menjelaskan fungsi matahari dan bulan sebagai pasangan, matahari membawa siang dan bulan membawa malam. Sehingga masing-masing beredar pada garis edarnya.
    Saya meyakini bahwa derajat tanah (bumi) lebih mulia daripada panas api (matahari) dan cahaya dingin (bulan). Itulah kenapa ketika penciptaan manusia pertama (adam) – yang bertugas sebagai khalifah – semua makhluk harus sujud (tunduk) kepada adam.
    Sehingga saya berani mengatakan bahwa matahari dan bulan tunduk pada bumi. Artinya bumi diam, matahari dan bulan mengelilingi bumi.

    • Silakan buka Arrahman ayat 33 prof, allah jelas menyebut bumi tidak bisa di tembus oleh bangsa Jin sekalipun, apa ini masih salah jg prof tafsirnya?? Mohon maaf sebelumnya..

      • Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan < yang ini ?

      • BUMI???? Bumi Mana coy?????? Langit di situ bukan Langit dunia tapi akhirat.. belajar tafsir dong, tafsir ente jelas SALAH

    • HAHAHAHAHAH TAfsirn dari mana ente…… POTONG PALA ANE kalo ada 1 ayat yang secara terbuka mengatakan Matahari menelilingi bumi, yang ada hanya kata “tajri li mustaqarilaha”

  24. Prof kalau tentang pelajaran SD dulu yg katanya kalau dipelabuhan cuma ujung kapal layar doang yg keliatan dan termasuk tanda bumi bulat.

    Tapi kawan2 FE udah ngelakuin riset ternyata seluruh body kapal tetap utuh?Mungkin prof. Bersedia menjelaskannya ..

    Dan satu lagi prof bagaimana pelaut2 dulu bisa menjadikan bintang sebagai patokan, andai bumi berputar bintang2 itu pasti beruba posisi?Apa langitnya juga berputar ?

    Mudahan prof Sudi menjelaskannya …

  25. Dear Prof,

    Terima kasih telah meluangkan waktu menjawab pertanyaan saya. Tp saya masih meragukan akan kredibilitas seorang astronomical sketchers. Karena tetap saja penjelasan Jeremy Perez dalam tautan tsb. yang dipublikasikan ujung”nya adalah sebuah sketsa / illustrasi dalam sebuah versi digital.

    Saya masih menunggu referensi lain yang memang dokumentasi hasil dari observasi sebuah teleskop yg sebenarnya. Atau mungkin kalau LAPAN pernah observasi ISS pakai teleskop bisa di publikasikan hasilnya Prof.? , krn saya belum menemukannya selama ini.

    Trims Prof. 🙂

  26. Kalau mau lihat ISS lewat, bisa liat jadwalnya di
    http://www.heavens-above.com/PassSummary.aspx?satid=25544
    pastikan update dulu lokasinya sesuai lokasi anda.
    liat ISS lewat hanya bisa sore setelah matahari terbenam atau
    pagi sebelum matahari terbit.
    ada jg namanya iridium flare, jadwalnya ada di
    http://www.heavens-above.com/IridiumFlares.aspx

    • Dear Eko,

      Terima kasih sebelumnya, selain website Heavens Above untuk menentukan posisi ISS sebenernya bisa juga di coba pada tautan atau link di bawah ini (NASA) :

      https://spotthestation.nasa.gov/sightings/

      Selain website di atas masih ada website” sejenis lainnya juga, akan tetapi website” tersebut (termasuk Heavens Above) tidak menampilkan REAL hasil observasi nya (termasuk versi live). Semuanya terlihat dan dipublikasikan dalam Visual 3D.

      Oleh karena itu saya lebih tertarik akan hasil observasi LAPAN sendiri.. Pastinya kredible krn memiliki fasilitas yang mumpuni dibanding kita” ini yg kemampuan teleskop nya terbatas (dan memang seharusnya kredible). Oleh krn hal tsb. makannya saya bertanya ke Prof. Djamal. Jikalau ada publikasi hasil observasi LAPAN saya akan senang sekali 🙂

      Trims..

    • jika sudah pernah membuktikannya dengan melihat iss melintas langsung sesuai dengan schedule, tolong segera dipublikasikan videonya.
      beserta reportasenya. mungkin ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa satelit iss memang benar ada.
      kita tunggu bersama publikasinya soal satelit yg melintas diangkasa dan terlihat dengan mata telanjang.
      we’ll see…

      • Hm mata telanjang? Mata anda bisa melihat sampai seberapa jauh? Pernah belajar biologi sama fisika?
        Banyak video di youtube maupun di web web lain yg mengunggah foto + video satelit dan iss. Anda gak mau nyari apa emang mau disuapin mulu?

  27. Pak thomas, saya penggemar astronomi. Saya mau tanya. Kira- kira ada tidak target LAPAN untuk memproduksi roket sendiri dan bahkan mengantar astronot indonesia ke luar angkasa? Kalau ada tahun berapa ya pak? Agar bangsa kita juga ikut bangga. Terima kasih.

    • Ada di (draft) Rencana Induk Keantariksaan. Ditargetkan sebelum 2040 sudah bisa membuat roket untuk menempatkan satelit orbit rendah. Semoga tidak terkendala anggaran.

  28. Pak Profesor,saya mau tanya satelit LAPAN yang hanya berukuran 50cm fungsinya untuk apa?.Berapa lama ia berada dalam orbitnya? Bahan bakarnya pakai apa? Jikalau pakai sel surya bisa tahan berapa lama? Sistem pengisian ulang bahan bakarnya bagaimana?

    Terima kasih.

    • Bantu jawab, fungsinya :
      1. Voice repeater amatir radio yg bekerja di sekitar frek 145 Mhz dan 437 MHz
      2. APRS gateway di frek 145-an MHz
      2 itu saja ya, walaupun masih ada lagi yg lainnya,
      cuma kedua fungsi itu yg bisa digunakan terbuka oleh masyarakat, khususnya pemegang ijin amatir radio.

    • Satelit mengorbit dengan gaya gravitasi. Hanya hambatan atmosfer yang menyebabkan efek pengereman sehingga satelit orbit rendah secara perlahan akan turun. Satelit LAPAN di ketinggian sekitar 600 km bisa bertahan di orbit sekitar 50 tahun. Tetapi untuk opersionalnya (mengirim data) bergantung kekuatan batere. Batere satelit mikro (seperti satelit LAPAN) hanya bertahan sekitar 2-6 tahun.
      Satelit LAPAN digunakan untuk pemotretan permukaan bumi, pemantauan gerakan kapal, untuk komunikasi radio amatir, dan pengukuran medan magnet bumi.

  29. Terima kasih Pak Profesor,untuk penggantian bateraynya gimana Pak,ataukah sekali pakai tergantung kekuatan bateraynya tersebut Pak.

  30. Pak Profesor,saya mau tanya apa yang menjadikan sebab adanya gaya gravitasi?

    • Adanya massa.

      • sabar dan tetap semangat pak !

      • Terima kasih Pak pencerahannya ,.pertanyaan saya yang mengenai pengisian ulang bahan bakar dan atau penggantian bateray pada SATELIT gimana Pak,ataukah sekali pakai tergantung kekuatan bateraynya tersebut Pak.

      • mungkin saja recharge batery satelitnya dari tenaga surya matahari.
        tapi setahu saya satelit lapan ukurannya tidak besar. tidak seperti iss yg katanya sebesar lapangan bola dan memiliki panek panel surya raksasa buat dijadikan energi iss itu sendiri. itu jg baru katanya sih…
        karena kita sendiri ga pernah liat gambar aslinya. lewat teleskop saja ga pernah terlihat iss yg katanya bisa seukuran lapangan bola.
        terus satelit lapan punya panel surya juga kah??

    • Udah di jawab EOK

  31. Assalamualaikum prof
    Mau tanya…ini ganjel banget soalnya. Saya muslim dan saya sholat kan menghadap arah kiblat, klo kita mau menghadap berlawanan arah kiblat scr logika klo bumi itu bulat kan akan sama tujuannya.
    Mohon penjelasannya terimakasih wassalamualaikum

  32. Terima kasih banyak pak sudah sudi dan sabar memberikan edukasi astronomi bagi para awam. Jujur saya agak miris melihat perpecahan seperti ini,menghakimi pihak yang kontra dengan pendapatnya dengan sebutan bodoh dan kata kata yang ga sopan lainnya dll dan bahkan bapak sendiri kena. Saya ga berani komentar apa apa deh tentang astronomi karena saya ga punya kompetensi,belum pernah penelitian.dan saya percanyanya bumi bentuknya kaya mangkok pak hehe kidding

    Semoga sukses selalu pak

  33. Bagus pak, bisa nambah ilmu dan gak gampang percaya sama dongeng hehe

  34. Assalamualaikum prof, Kalau boleh saya ikut menanggapi FE ini. Belakangan ini saya pun tertarik untuk mengikuti video” di youtube, maupun membaca” artikel yang berkaitan dengan FE. Kalau dilihat secara makro yang namanya sejarah itu memang bisa saja di ubah” berdasarkan versi si pendongeng nya, misal keabsahan pendaratan Apollo di bulan, bisa jadi benar bisa jadi tidak, toh kenapa harus menjadi polemik, lhawong kasus korupsi skala century saja masih menjadi misteri kan… Teman” mungkin sebagai Netizen yang hanya sekedar baru tahu sebuah teori, dan berdasar tayangan” di youtube, seharusnya bisa lebih memproporsikan diri dan tidak terlalu berlebihan, justru ketika dengan munculnya FE kembali kalian harus berfikir ulang.. jangan” ini justru propagandanya ? bisa Aja kan.. Ada baikmya kita jalan di tengah tengah saja, karena memang media itu mudah sekali.. mempengaruhi keyakinan seseorang. Boleh lah mendebat pak professor kita ini, tapi posisikan diri kita juga sebagai ilmuwan dulu, itu baru pantas. lha kalau kita saja fisika atau astronomi aja ngak tahu secara pasti / dalam artian kita mempelajarinya trus kita mendebat Beliau yang sudah mempelajari sebuah disiplin ilmu tersebut kan sepertinya kurang sopan ya. Karena keyakinan dan logika itu memang susah bersatu ..hehehe Pilkada DKI lah contohnya. Coba kita buka pikiran lebih lebar.. Dengan adanya momentum FE ini.. pastilah banyak orang yang mencari informasi sana-sini, otomatis iklan laku.. otomatis Youtube banyak di view.. otomatis deh dapet duit bagi mereka yang memanfaatkan momentum tersebut 🙂 Sekian dari saya buat rekan” netizen semoga lebih bijak dalam menanggapi sesuatu. Wassalamualaikum.

    • Banyaklah memang propaganda lewat media, tapi semua kita kembalikan ke otak kita, nalar kita,… ambil posisi NETRAL dulu sebelum menyimak info tsb…. kalo udah gak netral ya susah… intinya, simak pada posisi netral lalu pakai nalar anda apakah masuk di akal atau tidak… gampang kan….memang tidak gampang utk tidak mengikuti sesuatu yang sudah di dogma sejak kita masih keci, itulah mengapa tuhan memberikan karunia agar kita dapat berfikir…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: