Jawaban Atas Pertanyaan Penggemar Dongeng FE – Bumi Datar – (Serial #7) Antartika-Kutub Selatan


antartika

Peta Antartika di Kutub Selatan dari Wikipedia

Gambar-gambar lainnya diambil dari Google Earth dan internet

T. Djamaluddin

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, LAPAN

Para penggemar dongeng FE (Flat Earth — bumi datar) umumnya mempertanyakan tiga hal yang dianggap aneh: perhitungan gerhana, gravitasi bumi (termasuk keberadaan satelit yang bergantung pada gravitasi bumi), dan keberadaan benua Antartika di Kutub Selatan bumi. Saya sudah memberi jawaban atas pertanyaan soal gerhana dan pembuktiannya. Juga soal gravitasi. Benarkah ada benua Antartika di Kutub Selatan Bumi?

Untuk membuktikannya, kita gunakan data satelit yang sudah direkonstruksi dalam Google Earth. Kita berangkat dari Kantor LAPAN di Rawamangun Jakarta, karena peta Google sudah banyak digunakan dan secara umum akurasinya cukup baik, walau itu bukan data terbaru (data sekitar 2 tahun lalu).

lapan-jakarta

Lalu kita zoom-out untuk melihat Jawa dan Indonesia-Australia-Antarika. Grid Koordinat sengaja ditampilkan supaya jelas posisinya.

jawa

bumi

Terlihat Antarika berada di Selatan Jawa dan Australia. Antariksa berada di Kutub Selatan, bisa di lihat di grid koordinatnya. Coba kita lihat dari sisi Selatan bumi. Terlihat jelas benua yang berselimut es.

antartika-1

Kalau dilihat dari sudut lainnya, akan terlihat juga Australia berseberangan dengan Amerika Selatan. Di sisi lain akan terlihat juga Afrika Selatan.

antarika-2

antarika-3

Seperti apa di Antartika? Berikut video Antartika dalam 5 menit:

Iklan

34 Tanggapan

  1. Ok sekarang kita coba gali lagi,
    bukti tentang kutub selatan dari sumber yang lain. agar tidak hanya sebatas satu sumber dari google earth saja.
    kita coba gali sumber dari tokoh yang kredibel admiral richard byrd. beliau adalah seorang admiral penerima medal of honor yg ditugaskan us army utk memimpin berbagai misi ke antartika. ada dua misi terbesar yg dipimpinnya ke antartika. operation high jump & deep freeze.
    dalam wawancara tahun 1957 admiral byrd berkata “bahwa ada daerah sebesar wilayah amerika, yg POSISINYA BERADA DI SEBERANG DAN MELAMPAUI KUTUB SELATAN”. itu kata kuncinya ” beyond the other side of the south pole”. beyond itu jika diterjemahkan artinya melampaui, melewati. jadi admiral byrd mengatakan “melampaui/melewati” kutub selatan. jelas admiral byrd tidak berbicara tentang KONSEP BUMI BULAT. karena jika berbicara soal bumi bulat, admiral byrd akan bertemu dengan benua atau negara lain dibelahan bumi lain, yang sudah banyak orang tahu, atau sudah terpetakan. tapi admiral byrd berkata bahwa ada daerah yg belum diketahui oleh orang banyak yang posisinya “beyond the oher side of the south pole” berarti admiral byrd berbicara soal bumi datar, karena ada kata melewati/melampaui kutub selatan. ada wilayah lain sebesar amerika. dan belum diketahui banyak orang.
    ini membuktikan teori bumi datar yg menjelaskan ada dinding es yg mengelilingi 360 derajat secara keseluruhan dari benua kita.
    dan di seberang dinding tersebut ada perairan hangat dan ada benua benua lain yg beluk terpetakan, sesuai dengan apa yg dinyatakan admiral byrd dan teori bumi datar.
    silahkan liat pernyataan orang yg sudah pernah ke antartika lewat 2 misi besarnya yaitu operation high jump & deep freeze, dan ditugaskan oleh us army dan pemerintah amerika serikat pada waktu itu.
    Watch “Pernyataan Admiral Byrd (tentang antartika)” on YouTube

    • wkwkwkwk…. saya benar-benar heran, itu FE otak nya dimana ya? wkwkwkwk… kok bisa-bisanya mereka mengagung-agungkan nama richard byrd yang mana dia adalah TENTARA Amerika….. Amerika? iya Amerika… Amerika itu lho… yg punya NASA si penyebar kebohongan menurut FE…. sedangkan orang Arab pertama yg terbang ke luar angkasa (Sultan bin Salman Al-Saud) dicap pembohong habis-habisan…. wkwkwkwk…. logika FE ternyata sangat aneh…. wkwkwk

  2. admiral richard e byrd namanya tercatat dalam sejarah penjelajahan kutub utara dan selatan versi bumi bulat dan benua artika serta dinding es antartika dan perairan hangat serta benua yang belum terpetakan setelah dinding es antartika versi bumi datar.
    silahkan search digoogle tentang admiral richard e byrd tentang ekspedisinya memimpin misi ke antartika lewat operation high jump dan deep freeze. yang melibatkan banyak personel armada us army, dan merupakan operasi terbesar umat manusia ke antartika.
    semua orang yang full informed pasti tahu sejarah tentang admiral byrd diantartika. dan kesaksiannya tentang daerah sebesar wilayah amerika yang posisinya melewati antartika dan berada diseberang antartika.
    jelas admiral byrd tidak berbicara tentang bumi bulat. karena jika bumi bulat, harusnya diseberang antartika adalah negara atau benua lain yang sudah terpetakan.
    berikut video admiral byrd diantartika yg memperlihatkan ada perarian hangat diantartika serta daerah yg tidak tertutup salju yg posisinya melewati antartika dan berada diseberang setelah antartika.
    Watch “1946 Operation Highjump – AMAZING discoveries” on YouTube

    • nah anda juga yg ngaku” full informed…. anda pikir pake akal sehat, si Byrd itu diwawancara pada saat kondisi apa (saya kasih bocoran : kondisi perang dingin)…. yg dimaksud wilayah di seberang kutub itu adalah daerah antartika yg dikuasai oleh Uni Sovyet, jangan mendewakan teori konspirasi FE masbro, klo anda memang berwawasan luas, pernyataan Byrd juga dipake teori konspirasi ‘Hollow Earth’…. jadi jangan mendewakan pernyataan Byrd yang gak jelas sama sekali, toh kalo anda memang ngaku-ngaku full inform banyak kok laporan penelitian tentang antartika, jurnal biota di antartika banyak… masalahnya ada di diri anda sendiri, hanya mau menerima informasi yg mendukung FE

  3. dan jika ada bukti video sultan bin salman al saud berada diluar angkasa, mohon dipublikasikan video aslinya. agar publik mendapatkan informasi..

    • sebenarnya saya malas juga sih berdebat dengan anda yg FE garis keras…. paling juga itu video anda anggap tipu” lah, hoax lah, CGI lah…. toh sebenernya gak perlu embel-embel “agar publik mendapat informasi”…. toh informasi dah tersebar di internet… anda saja yg bebal & hanya mau menerima informasi yg mendukung pendapat anda…. saya curiga apakah cara mencuci otak para teroris bom juga dengan memperlihatkan video kebenaran sepihak seperti FE101, sehingga mampu menciptakan FE garis keras seperti anda yg menolak segala informasi bertentangan dengan kebodohan yang anda anggap sebagai kebenaran mutlak

  4. Pak prof, dongeng bumi bulatnya masih berlanjut?? perhitungan gerhananya mana pak?? percuma nulis begini begitu sampai 7 episode, kalau ngitung gerhana saja tidak bisa hahahah

    • lha ini…. penganut Bumi Datar Garis Keras…. minta penjelasan, dikasih penjelasan eh gak paham…. bisa baca gak sih mas? ini artikel judulnya apa bahasnya apa, eh yang ditanyakan nyeleweng juga…. selamat menikmati kebodohan nya ya…. hahahahahahaha….!!!!!!!!

    • Serial #4 ga dibaca mas?
      males baca itu jangan dibiasakan dong…

      • chieee sekarang kalapas, eh kalapan dah sewa bodyguard hehehehhe, 700M bro 700M hahahah duit pajak dipake ginian #tepokpantat

  5. tolong publikasikan bukti daerah diantartika yang dikuasai uni soviet pada waktu itu. dan keberadaan tentara uni soviet juga disuatu daerah antartika yang menjadi daerah kekuasaannya.
    ingat admiral byrd menyebutkan jika posiainya itu “beyond the other side of the south pole”.
    berarti daerah kekuasaan soviet diantartika itu melewati dari benua antartika.
    ada yg bisa mempublikasikan buktinya?
    kita sangat membutuhkan informasinya

  6. Menurut FE’ers dari hasil penjelajahan James Cook bahwa Antartika adalah tembok es yang tidak ada jalan masuk, lalu mengapa Admiral Byrd bisa mengatakan bahwa ada dunia lain sebesar negara Amerika diseberang antartika?

    Luas negara Amerika itu sangat besar, dalam posisi bagaimana Byrd mengatakan dia melihat dunia lain sebesar Amerika? apakah itu hanya perumpamaan? atau seperti yg Aji bilang, sebagai propaganda semata?

  7. jika kita menonton video tentang misi admiral byrd bersama huge armada nya kita bakal mengerti hampir semua kejadian di operation high jump.
    disana terlihat jelas admiral byrd membawa armada yg besar serta dilengkapi persenjataan dan alat2 canggih. bahkan admiral byrd jg menyertakan pesawat dan helicopter didlm kapal induk dlm operasinya ke antartika.
    capt. james coock ditahun 1700an terkendala technology utk menembus dinding es antartika. sehingga tidak bisa melihat ada apa dibalik tembok tersebut.
    sedangkan admiral byrd menjelajahi antartika dgn armada raksasanya setelah PD II dimana technology sudah jauh lebih canggih. kapal pemecah es nya lebih kuat dari kapal capt. coock dithn 1700an. dan ketika menemui tembok es antartika, admiral byrd dan armadanya tinggal menaiki helicopter untuk melewati dinding es tersebut. kemudian mendirikan basecamp utk memberi sinyal koordinat kepada pesawat us army yg berpangkalan di filipina, untuk melintasi dinding es antartika. itulah sebabnya perbedaan tekhnologi antar capt. coock dan armada admiral byrd yg membuat admiral byrd dan armadanya bisa menembus dinding es antartika.
    dan armada admiral byrd adalah para militer us army yg dilengkapi persenjataan dan alat2 militer. jadi mereka mengetahui ada daerah sebesar amerika yg posisinya melewati antartika itu cukup dari sinyal sonar dari kapal militer us army.
    dari situ mudah terdeteksi bahwa ada wilayah sebesar amerika yg belum banyak orang tahu serta terpetakan.
    utk lebih jelasnya lg silahkan liat video lengkap tentang penjelajahan admiral byrd beserta huge armada nya dlm operation high jump.
    Watch “Operation Highjump 1/5 1947 whole movie” on YouTube

    • sumbernya pun juga cuma video gak jelas…. gak ada tuh satupun jurnal ilmiah yg menunjukkan ada dinding khayalan anda di antartika, laporan ilmiah yg jelas sumbernya pun juga ga ada…. cari sumber itu yg jelas mas… jangan cuma video khayalan macam FE….

  8. oh ya ada juga lho orang indo yang dah ke antartika dari UGM
    https://ugm.ac.id/id/berita/13096-peneliti.ugm.tiba.di.antartika

  9. video operation high jump adalah video asli dari operation high jump yg merupakan misi terbesar umat manusia. disana terlihat jelas ada dinding es yg menghalangi armada us army dibawah pimpinan admiral byrd. maka dari itu armada kapal laut membawa sejumlah helicopter utk mengecek dan melewati dinding tersebut.
    video tersebut asli dan dibuat setelah PD II seblum dibuatnya antartic treaty yg ditanda tangani 12 negara yg menjadikan sebagian daerah antartik sebagai daerah terlarang utk umum.
    jd publik bisa menilai tentang keabsahan video tersebut.

  10. selain misi admiral byrd lewat operation high jump & operation deep freeze. bagaimana dengan misi pelaut asal inggris captain james cook ke antartika. bisa kita lihat dari journal perjalanan capt. james cook ke antartika bahwa capt. cook mengelilingi antartika selama 3thn lebih. hal ini sangat tidak masuk akal jika memakai analogi bumi bulat. karena utk mengelilingi benua antartika versi bumi bulat tidak dibutuhkan waktu hingga 3 tahun.
    tapi mengapa capt. cook menulis perjalanannya mengelilingi antartika hingga memakan 3tahun lebih.
    silahkan liat video jurnal perjalanan capt. james cook ke antartika
    Watch “Captain Cook Antarctic Journey Proves Flat Earth (MIRRORED)” on YouTube

  11. admiral byrd adalah orang yang namanya tercatat dalam sejarah dalam ekspedisinya ke kutub utara dan selatan versi bumi bulat serta benua artika dan dinding es antartika yg 360 derajat mengelilingi benua kita versi bumi datar.
    tanpa admiral byrd dengan ekspedisi ekspedisinya ke antartika, pastinya tidak akan ada orang yg bisa keantartika disaat sekarang.
    untuk apa kita membicarakan orang indonesia yang pergi ke antartika, jika admiral byrd pd thn 1947 tlah berhasil duluan tiba diantartika, dan melakukan penjelajahan begitu besar dengan jumlah armada terbesar dalam sejarah umat manusia menjelajahi antartika.
    mungkin ada yang bisa mempublikasikan tentang penjelajahan orang indonesia di antartika?
    didukung berapa armada kapal tempur dan kapal pemecah es?
    membawa berapa ratus awak kapal kah org indonesia tersebut?
    membawa berapa buah kapal induk dan di isi oleh berapa unit helicopter serta jet tempur kah orang indonesia tersebut??
    bisa kita bandingkan dengan misi besar admiral byrd yg melibatkan banyak armada laut dan udara serta peralatan kapal, pesawat tempur dan helicopter. dengan penjelajahan orang indonesia tersebut.
    jika melihat video yg sudah ditampilkan seblumnya, kita akan mengetahui betapa besar misi admiral byrd ke antartika tersebut.
    mohon publikasi dan komparasinya dari penjelajahan orang indonesia diantartika.
    apakah misinya sebesar admiral byrd lewat misi operation jump & deep feeze nya?
    mohon dipublikasikan…

    • Ada dinding es yang mengelilingi bumi kita 360 derajat dan hanya admiral richard byrd yang pernah melihatnya. Hahaha…
      Anda sama seklai tidak mngerti bagaimana sains berkerja. Dalam saian segala sesuatu harus bisa direplikasi dan terkonfirmasi.
      JIka admiral richard byrd melihat diding es maka hal tersebut harus bisa direplikasi oleh orang2 lain sehingga kita bisa mengkonfirmasi apa yang dilihat admiral richard byrd bener adanya.

  12. jika melihat data yang ada, hanya admiral richard e byrd yang memberikan keterangan tentang apa yang ada dibalik dinding es antartika. kata kunci nya “beyond the other side of the south pole”.
    yang artinya beyond = melampaui
    other side = sisi lain.
    south pole = kutub selatan.
    berarti admiral byrd tidak berbicara konsep bumi bulat. karena dia melihat daerah yg blum terpetakan yg besarnya se wilayah amerika dan posisinya melewati kutub selatan.
    banyak orang yg telah melihat dinding es yg mengitari benua kita versi bumi datar & kutub selatan versi bumi bulat.
    jika kita mau melihat video yg seblumnya sudah dicantumkan diatas, pasti kita bisa melihat seperti apa dinding es antartika itu.

  13. jadi rasanya tidak perlu kita mendapatkan keterangan dari org lain selain admiral byrd, jika bukti otentik dinding es antartika bisa kita lihat pada video yg sudah dicantumkan seblumnya diatas.
    video asli tanpa efek CGI.
    biarkan publik menilai.

    • Pertanyaannya adalah sberapa tinggi dinding es tersebut sampai harus dgn armada sebsar yg byrd bawa? Di video justru terlihat dinding es tersebut tidak terlalu tinggi, jadi pake helikopter langsung saja bisa tanpa memecah dinding es.
      Dan satu lagi, bukankah menurut FE, bahwa bumi kita ini dikelilingi kubah yg sangat kuat, lalu bagaimana byrd bisa menembus kubah itu keluar sampai lewat kutub selatan? Atau FE ingin mengatakan kalau kubah tersebut masih lebih besar? Dan jika kubahnya lebih besar lalu bagaimana gerak edar matahari dan bulannya yg hanya mengitari bumi kita skrg ini? Itu artinya dibagian luar kutub selatan tidak terkena dampak sinar matahari dan berarti itu akan gelap gulita, bukan begitu?
      Saya akhirnya mengikuti keadaan ini setelah seorang teman yg ngotot bahwa bumi itu datar, namun hanya menjelaskan berdasarkan video flatearth101 yg dia lihat dan teori konspirasinya.

  14. dinding es yg melingkari semua benua kita versi bumi datar, atau dinding es benua antartika kutub selatan versi bumi bulat, tidaklah terlalu tinggi.
    tetapi merupakan restricted area.
    oleh karena itulah tidak ada penerbangan yg melewati dinding es antartika versi bumi datar, atau penerbangan yg melewati atas benua kutub selatan versi bumi bulat.
    kalau pum ada hanya melintasi pinggiran dari dinding es antartika versi bumi datar, atau pinggiran benua antartika kutub selatan versi bumi bulat.
    maka dari itu daerah tersebut tertutup utk umum.
    hanya beberapa pihak saja yg boleh.
    kalaupun ada misi penelitian zaman skrg ke antartika, itu hanya dipinggirannya saja, terbukti tidak ada satupun penerbangan yg melewati atas dari antartika. yg ada hanya dipinggirannya saja.
    makanya dibukanya dinding es antartika utk umum menjadi salah satu dari tiga tuntutan para FE utk pembuktian bumi itu bulat atau tidak.

    • sejak kapan dinding es di tutup?? antartic threaty juga tidak ada yang menjelaskan ditutup?? yang jelas tidak boleh di klaim itu saja,. coba searching lagi penerbangan itu pernah ada kok,. sekarang yang ga masuk akal berapa lingkaran kutub selatan kalau menurut versi bumi datar?? aneh sekali kalo hanya berpatokan sama byrd saja,. jaman dan teknologi sudah canggih kok malah mundur ke belakang,. mending anda patungan bikin ekspedisi kesana biar terbuka mata anda,. kasihan adek anda apabila sudah belajar fisika dengan rajin dan teori yang sesuai dengan kondisi ge namun dimata bumi datar itu 0 besar..

  15. Kenapa tidak melakukan pembuktian saja, ajak perwakilan masing2, siarkan di tv nasional secara langsung.
    Beres kan?!

  16. Saya sbenarnya hanya seorang silent reader,tpi sya mau ajukan pertanyaan yg mendasar saja bagi penggemar Flat Earth…
    “APAKAH PARA FLAT EARTH BISA MEMBUKTIKAN PROSES TERJADINYA GERHANA MATAHARI DAN GERHANA BULAN BERDASARKAN TEORI FLAT EARTH”

    • Mereka gak bisa gan, cuma koar2 tanpa landasan ilmiah aja. Kalo udah terpojok malah berlindung dibalik topeng agama mereka masing2. Itu juga mereka salah tafsir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: