Refleksi Capaian LAPAN 2018


T. Djamaluddin

Kepala LAPAN

Visi LAPAN 2015-2019  untuk mencapai “Pusat Unggulan Penerbangan dan Antariksa untuk Mewujudkan Indonesia Maju dan Mandiri” insya-a Llah akan tercapai dengan kerja keras seluruh pegawai LAPAN dan sinergi dengan berbagai mitra nasional dan internasional. Upaya yang dilakukan adalah membenahi tata kelola organisasi dengan Program Besar Reformasi Birokrasi serta peningkatan kompetensi dan layanan dengan tujuh Program Utama. Tujuh Program Utama LAPAN adalah

1- Pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional,

2- Pengembangan Sistem Pemantau Bumi Nasional,

3- Pengembangan Teknologi Satelit,

4- Pengembangan Teknologi Aeronotika,

5- Pengembangan Teknologi Roket,

6- Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Dinamika Atmosfer Ekuator, dan

7- Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Cuaca Antariksa).

Refleksi Capaian LAPAN 2015 , Refleksi Capaian LAPAN 2016-2017, dan Refleksi Capaian 2018 ini adalah suatu rangkaian catatan merupakan apresiasi kepada semua pegawai LAPAN untuk membangun kepercayaan diri dan semangat kerja, tanpa melupakan hal-hal yang harus terus di dibenahi.

 

Capaian Pembenahan Tata Kelola

  • Kepala LAPAN menjadi First Vice Chairman UNCOPUOS Parent Meeting 2018-2019.
  • Webometrik lembaga riset pada Juli 2018: LAPAN mendapat peringat 4 nasional, 30 ASEAN, 336 Asia, 2336 Dunia.

 

  • LAPAN mendapat nilai evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) 73,36 (BB), naik dari nilai tahun sebelumnya 72,01
  • Indeks Reformasi Birokrasi (RB) LAPAN: 75,92 (naik dari tahun sebelumnya 72,66), sehingga LAPAN diusulkan mendapatkan kenaikan Tunjangan Kinerja
  • Opini BPK untuk LAPAN: Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 3 tahun berturut-turut (2015, 2016, 2017).
  • LAPAN mendapatkan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik sebagai Badan Publik Informatif dengan nilai 92,49 untuk kategori Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Sementara predikat yang sama diraih oleh dua instansi lainnya, yaitu BATAN (93,80) dan BI (92,54).

  • LAPAN mendapatkan 2 Penghargaan TOP IT utk kategori  TOP IT on “Satu Data LAPAN” Services 2018 dan TOP Digital Transformations Readiness 2018.

  • Tiga Pusat (Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Pusat Sains Antariksa, dan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh) meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari MenpanRB.

 

Capaian Pembenahan Kompetensi dan Layanan

  • Dari hasil analisis Webometric, LAPAN masuk dalam peringkat 7 lembaga riset nasional dengan sitasi Google Scholar tertinggi: 1. LIPI, 2. BPPT, 3. Ejkman, 4. Balitbang Pertanian, 5. Balitbang Kehutanan, 6. SMERU, 7. LAPAN.
  • Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) mendapatkan ISO 9001:2015 untuk layanan SWIFtS.
  • Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) mendapatkan ISO 9001:2015 untuk Pengelolaan Stasiun Bumi dan Operasi Missi Satelit.
  • Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) mendapat Anugerah Prayoga Sala pada Hari Kebangkitan Teknologi 2018 atas prestasi membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

  • Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) dan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) memperoleh penghargaan Adhyasta Bhumi Award dari Masyarakat Penginderaan Jauh (MAPIN) sebagai lembaga yang telah mampu memenuhi kebutuhan pengguna nasional penyediaan data penginderaan jauh untuk pembangunan nasional dan pengembangan riset dan iptek nasional
  • Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) berhasil mengadakan AeroSummit bersama mitra industri penerbangan sebagai cikal bakal sinergi ekosistem lembaga litbang aeronotika dengan industri teknologi penerbangan.
  • Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer (PSTA) mendapatkan sertifikat Akreditasi Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP).
  • Dari 7 Pusat teknis LAPAN, 5 telah ditetapkan menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) (1. Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, 2. Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, 3. Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, 4. Pusat Teknologi Satelit, 5. Pusat Teknologi Penerbangan) dan 2 dibina jadi PUI (6. Pusat Teknologi Roket dan 7. Pusat Sains Antariksa).

  • Tiga kedeputian LAPAN: Kedeputian Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh, dan Kedeputian Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa mendapatkan penghargaan sebagai Lembaga Induk yang berkomitmen dalam mendukung pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI).
  • Pesawat terbang tanpa awak LSU03-M3 (kerjasama LAPAN – PT M3) mendapat sertifikat full system dari IMMA.
  • Pusat Teknologi Penerbangan mendapatkan ISO 9001:2015 tentang “Sistem Manajemen Mutu Pelayanan Foto Udara” untuk pemotretan dengan pesawat tanpa awak LSU (LAPAN Survaillance UAV).
  • Uji terbang pesawat N219 prototipe 2 (PD2) hasil kerja sama LAPAN-PTDI berhasil dilakukan pada 21 Desember 2018. Dengan 2 pesawat prototipe yang diuji terbang, diharapkan sertifikat tipe dapat diperoleh secepatnya untuk selanjutnya memasuki proses produksi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: