Memahami Potensi Banjir dan Cuaca Ekstrem dari Pemantauan Data Angin dan Citra Awan


T. Djamaluddin

Deputi Sains (Membawahi Pusat Sains Atmosfer), LAPAN

Awan 17 Jan 2013

(Citra MTSAT yang diperoleh LAPAN saat banjir besar Jakarta 17 Januari 2013 di situs http://www.lapanrs.com/simba . Silakan klik untuk melihat animasi pergerakan awannya)

Banjir terutama disebabkan oleh curah hujan yang secara kumulatif bisa menimbulkan genangan, baik karena intensitasnya tinggi maupun karena berlangsung lama. Intensitas curah hujan bisa diprakirakan dari liputan awan Cb (kumulonimbus, awan hujan yang menggupal tinggi) yang sangat tebal. Curah hujan lama bisa diprakirakan dari liputan awan hujan yang cenderung stasioner di suatu wilayah.

Di era informasi, kita bisa mencari informasi dan analisis yang akurat tentang potensi cuaca ekstrem untuk bisa mewaspadainya, selain mengikuti peringatan dini dari lembaga yang punya otoritas operasional seperti BMKG. Mencerdaskan masyarakat perlu agar kesiapsiagaan bisa ditingkatkan dan tidak terbawa pada pemikiran yang irrasional tentang pengendalian cuaca. Berikut ini cara sederhana, tetapi bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem dan potensi banjir.

Pertama, carilah informasi pola angin yang menunjukkan dinamika atmosfer di wilayah Indonesia dan sekitarnya. Pelajari arahnya dan kecepatannya. Kecepatan dalam knots bisa dikonversikan secara kasar dengan mengalikan 2, jadilah kecepatan angin dalam km/jam. Dari pola angin itu juga tergambar pola gerakan awan, walau sebenarnya pola angin lebih mencerminkan angin permukaan. Salah satu informasi online pola angin adalah  http://www.bom.gov.au/australia/charts/glw_00z.shtml (untuk kondisi hari ini) atau http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Meteorologi/Prakiraan_Angin.bmkg (untuk prakiraan besok, tetapi umumnya tidak jauh berbeda dengan kondisi hari ini). Daerah pertemuan arah angin merupakan daerah konvergensi yang merupakan daerah pembentukan awan. Daerah tekanan rendah perlu diwaspadai karena akan menarik awan di sekitarnya (silakan bandingkan dengan citra awan).

Angin 24 Jan 2013

Ikuti pola pergerakan awan dari satelit cuaca dari jam ke jam. Bila awannya tebal atau cenderung stasioner di atas wilayah kita, waspadai kemungkinan hujan lebat atau hujan berkepanjangan. Citra satelit antara lain bisa dilihat di http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Meteorologi/Citra_Satelit.bmkg (saat ini dan animasi 6 jam terakhir) atau http://www.bom.gov.au/australia/satellite/?tz=AEST&unit=p23&domain=15&view=34&satSubmit=Refresh+View (saat ini dan animasi 24 jam terakhir). Waktu yang dinyatakan dalam UTC bisa dikonversikan menjadi WIB dengan ditambah 7 jam. Berikut ini contoh pergerakan awan pada 24 Januari mulai 05.30 sampai 20.30 WIB. Awan tebal ditandai dengan warna putih atau merah (untuk setiap sumber data, makna warna bisa berbeda, lihat legenda yang tercantum). Terlihat awan tidak terlalu tebal di wilayah Jakarta dan awan pun tidak stasioner. Jadi, Jakarta aman. Untuk hari lain, silakan pantau di situs-situs tersebut. Data hasil analisis bisa diperoleh dari situs LAPAN http://www.lapanrs.com/simba.

Awan 24 Jan 2013 pk 05-30 WIB

Awan 24 Jan 2013 pk 08-30 WIB

Awan 24 Jan 2013 pk 11-30 WIB

Awan 24 Jan 2013 pk 14-30 WIB

Awan 24 Jan 2013 pk 17-30 WIB

Awan 22 Jan 2013-20-30 WIB

Prakiraan potensi banjir di Indonesia bisa juga diikuti di situs LAPAN http://www.lapanrs.com/simba . Terlihat wilayah Jakarta aman dari kemungkinan banjir.

Potensi banjir 24 Jan 2013-Jawa

Berdasarkan data satelit TRMM situs NASA juga memberikan peta potensi banjir http://trmm.gsfc.nasa.gov/publications_dir/potential_flood_hydro.html.

Iklan

2 Tanggapan

  1. Reblogged this on iwanb86.

  2. Reblogged this on StevenSutantro Blog and commented:
    Inilah aplikasi citra penginderaan jauh dalam memantau perubahan cuaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: