Satelit Alami Bumi Selain Bulan Sesungguhnya Asteroid


T. Djamaluddin

Profesor Riset Astronomi Astrofisika, LAPAN

(Gambar dari Wikipedia)

Benarkah hanya bulan satelit bumi yang alami? Ya. Satelit bumi yang alami adalah yang mengitari bumi (geosentrik) dan orbitnya sepenuhnya didominiasi oleh gravitasi bumi. Sampai saat ini hanya bulan yang mempunyai sifat orbit seperti itu.

Namun ada beberapa objek yang kini diketahui seolah seperti satelit bumi, walau hanya untuk sementara. Beberapa objek itu antara lain 2006 RH120, 2002 AA29 , dan 3753 Cruithne. Dari bumi, asteroid itu tampak seperti mengitari bumi, walau dengan jarak yang berubah-ubah, tidak mengikuti orbit lonjong lazimnya gerak orbit yang dipengaruhi gravitasi bumi. Gambar di atas adalah ilustrasi untuk asteroid Crithne yang mengitari bumi untuk sementara waktu, hanya sekitar 4 bulan. Asteroid itu tampak mengitari bumi selama bumi berada pada jalur orbit warna kuning. Waktu selebihnya tampak tidak mengitari bumi sama sekali.

Bagaimana menjelaskan “saudara sementara” bagi bulan ini? Asteroid itu sebenarnya mengelilingi matahari, sama seperti bumi. Namun, kalau di lihat dari bumi yang diam, asteroid itu tampak mengitari bumi selama beberapa bulan saja. Kondisi itu berulang secara berkala.

Updated: Ada mekanisme lain yang lebih rumit yang dijelaskan melalui simulasi superkomputer terkait dengan dinamika asteroid yang mengorbit dekat bumi (rincinya silakan baca http://www.skyandtelescope.com/community/skyblog/newsblog/Pseudo-moons-Orbit-Earth-136435308.html ). Simulasi itu menunjukkan bahwa sekitar Januari (saat bumi paling dekat dengan matahari) atau Juli (saat bumi paling jauh dari matahari), ada kemungkinan asteroid kecil tertangkap gravitasi bumi lalu mengorbit beberapa kali sebelum asteroid lepas dari bumi dan kembali beredar pada orbit yang mengelilingi  matahari. Simulasi superkomputer itu sekaligus menjelaskan orbit 2006 RH120 yang tampak sangat kompleks.

(Gambar dari Sky&Telescope)

Iklan

4 Tanggapan

  1. jadi 3-body problem ya Prof, matahari-bumi-asteroid?

    • Ya, tetapi masih dominan 2-body problem (matahari dan asteroid), walau gravitasi bumi mungkin berpengaruh ketika asteroid berada pada titik terdekat dengan bumi.

  2. Saya sebenarnya iba kepada anda pak Djamal…yang tak lagi (bisa) mencaci maki MHD (si gadis cantik) pasca penolakan oleh si gadis cantik atas lamaran anda tsb. BTW….it’s ok…. Harusnya gitu. Dari pada mencaci maki pihak yang sesungguhnya anda gandrungi, lebih baik anda memberi pencerahan kpd ummat. Mungkin itu lebih bermanfaat.

  3. Subhanallah…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: