Badai Matahari dan Badai Geomagnetik: Bukan Badainya yang Lumpuhkan Bumi, tetapi Teknologi Manusia yang Rentan Badai Antariksa


T. Djamaluddin

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, LAPAN

Lagi-lagi ada berita yang menakutkan seolah badai matahari dan badai geomagnetik (secara umum disebut badai antariksa) akan melumpuhkan seluruh bumi. Media massa mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Inggris Liam Fox bahwa badai geomagnetik akan melumpuhkan seluruh bumi pada 2013. Hal ini perlu diluruskan.

Tidak ada prakiraan ilmiah yang menyatakan akan terjadi badai antariksa hebat yang akan membahayakan bumi. Secara umum siklus aktivitas matahari yang puncaknya sekitar 2013 tidak lebih kuat daripada siklus-siklus sebelumnya. Pada saat puncak aktivitas tersebut memang akan terjadi peningkatan kejadian badai antariksa. Tetapi, tidak ada satu pun prakiraan akan adanya badai antariksa superkuat yang akan mengancam bumi.

Lalu mengapa dikhawatirkan? Kekhawatiran muncul karena makin meningkatnya ketergantungan manusia pada teknologi yang rentan terhadap gangguan badai antariksa, yaitu teknologi satelit. Khusus di negara-negara dekat kutub, teknologi jaringan listrik  juga sangat rentan terkena induksi.

Bisakah diatasi? Insya-allah bisa. Karena kerentanan ada pada sistem teknologinya, maka mitigasinya harus pada pengamanan sistem teknologi tersebut. Bila diperkirakan akan terjadi badai antariksa atau telah terjadi badai antariksa yang beberapa saat lagi dampaknya mencapai lingkungan antariksa sekitar bumi, maka operator satelit dan operator jaringan listrik harus melakukan langkah-langkah pengamanan, antara lain dengan mematikan sementara instrumen yang peka badai matahari.

Tidak ada dampak badai antariksa secara langsung pada kehidupan manusia. Hanya aspek teknologi yang mungkin terganggu bila tidak diantisipasi.

Tulisan terkait:

https://tdjamaluddin.wordpress.com/2010/09/21/badai-matahari-dan-badai-geomagnetik-bukan-badainya-yang-mematikan-tetapi-teknologi-manusia-yang-rentan-badai-antariksa/

https://tdjamaluddin.wordpress.com/2010/06/17/badai-matahari-2013-tidak-hancurkan-bumi/

https://tdjamaluddin.wordpress.com/2010/04/21/badai-matahari-dan-isu-kiamat-2012/

%d blogger menyukai ini: