Tidak Benar Terjadi Tsunami Matahari 3 Agustus 2010 yang Mengancam Bumi


Bermula dari berita the Daily Telegraph di situsnya tentang tsunami matahari (walau mengutip gambar dari SDO NASA, tetapi informasi interpretasinya bukan dari NASA) yang kemudian dikutip beberapa media on-line bahwa tsunami matahari akan mengancam bumi hari Selasa, 3 Agustus 2010. Itu tidak benar. Tidak ada tsunami atau badai matahari saat ini yang mengancam bumi. Kejadian sebenarnya adalah terjadinya ledakan (flare) kecil di matahari pada 1 Agustus 2010 sekitar pukul 16.00 WIB. Bila itu mengarah ke bumi, dampaknya kemungkinan baru terasa sekitar 3 Agustus, tetapi tidak signifikan.

Sebenarnya tsunami matahari berbeda dengan badai matahari. Tsunami matahari hanyanya kejadian di permukaan matahari di sekitar titik ledakan matahari. Ibarat terjadinya gempa di laut, maka gelombang tinggi terjadi menyebabkan tsunami di sekitar episentrum gempa tesebut. Nah, di matahari ternyata gelombang seperti itu terjadi juga di sekitar titik ledakan matahari, ilmuwan menyebutnya tsunami matahari. Gelombang tsunami terjadi pada plasma (gas panas) di permukaan matahari. Jadi, tsunami matahari sebenarnya sama sekali tidak berdampak ke bumi. Ledakan matahari  (flare atau lontaran massa matahari –CME, coronal mass ejection) yang dikenal sebagai badai matahari yang berdampak ke bumi. Itu pun kalau badainya berskala besar dan mengarah ke bumi.

Kejadian 1 Agustus yang diduga berdampak ke bumi pada 3 Agustus hanyalah flare berskala C2 yang tergolong kecil. Flare yang berdampak besar dan sering disebut badai matahari adalah dari flare kelas menengah berskala M dan yang kuat berskala X. Flare C2 tidak berdampak signifikan pada bumi. Kalau pun ada hanya sedikit gangguan ketinggian orbit satelit dan tampaknya cahaya aurora di langit sekitar kutub karena interaksi partikel matahari yang terperangkap medan magnet bumi dengan atmosfer bumi.

Gambar di atas adalah daerah aktif 1092 yang memicu terjadinya flare C2 tersebut. Kejadian flare C2 yang terpantau satelit GOES 14 pada 1 Agustus 2010 pukul 09.00 UT (16.00 WIB) ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Terlihatnya aurora kemudian dilaporkan dari beberapa wilayah di dekat kutub. Inilah salah satu foto aurora 3 Agustus 2010 dari Wisconsin, AS.

%d blogger menyukai ini: