Badai Matahari Cukup Kuat yang Pertama pada Siklus 24 Berpotensi Berdampak di Lingkungan Bumi


T. Djamaluddin

Profesor Riset Astronomi-Astrofisika, LAPAN

(Gambar, video, dan animasi dari link di spaceweather.com dan sidc.oma.be).

Badai matahari pertama yang tergolong cukup kuat berupa ledakan flare berskala M8-9  (ada yang menyebut  M8,3 , M8,7, atau M9, tidak masalah, bisa dilihat dari grafik kekuatan  sinar-X berikut ini) terjadi pada 23 Januari 2012 pukul 03.59 UT (10:59 WIB). Flare yang cukup kuat ini yang pertama kali sejak Mei 2005.  Kelas M sebenarnya tergolong klas menengah, tetapi karena mendekati kelas ekstrem (kelas X), maka dampaknya akan cukup kuat kalau mengarah ke bumi. Flare berasal dari daerah aktif NOAA 1402 berupa bintik matahari besar di kanan atas piringan matahari (gambar bawah) dan tampak sebagai letupan terang (gambar atas).  Pancaran sinar-X yang terekam pada satelit GOES menunjukkan peningkatan tajam sampai kelas M8-9.

Flare ini juga diikuti oleh CME (Coronal Mass Ejection), lontaran massa dari korona matahari, terutama proton dengan kecepatan tinggi, 1400 km/detik. Jadi lontarannya kira-kira menjangkau jarak sepanjang Pulau Jawa hanya dalam waktu satu detik. CME terdeteksi wahana pemantau matahari SOHO pada posisi antara bumi-matahari berjarak 1.500.000  km dari bumi (sekitar 4 kali jarak bumi-bulan). Partikel bermuatan dari matahari itu tampak seperti hujan salju, yang berarti mengarah ke arah bumi. Ini disebut CME halo, karena tampak seperti melingkupi seluruh piringan matahari. Diprakirakan paratikel energetik itu mencapai bumi sekitar 24 Januari malam waktu Indonesia. Apa dampaknya? Badai matahari yang cukup kuat seperti ini berpotensi menggangu operasional satelit, seperti satelit komunikasi. Kalau itu terjadi dan tidak dapat diatasi oleh operator satelitnya, kemungkinan terjadi gangguan pada penggunaan telepon selular, siaran TV, komunikasi data perbankan, dan pengguna lainnya. Tetapi biasanya para operator satelit sudah mengantisipasinya. Dampak lainnya adalah gangguan pada ionosfer yang akan mengganggu komunikasi radio HF/gelombang pendek yang biasa digunakan oleh komunikasi jarak jauh, termasuk oleh siaran radio luar negeri seperti BBC, VOA, atau ABC. Navigasi berbasis satelit seperti GPS juga kemungkinan terganggu akurasinya, jadi jangan terlalu percaya pada posisi yang ditunjukkan GPS (frekuensi tunggal) kalau diduga ionosfer terganggu oleh badai matahari.

(Klik untuk menampikan videonya).

Inilah simulasi pergerakan partikel berenergi tinggi dari matahari setelah terjadi flare 23 Januari lalu. Bumi ditandai dengan titik kuning yang diprakirakan terkena pada 24 Januari malam.

(Klik untuk menampilkan simulasinya).

About these ads

23 Tanggapan

  1. Wow!! apakah efeknya bakal sedahsyat yang di bayangkan oleh orang-orang? atau mungkin lebih dahsyat dari film 2012 yang dulu sempat fenomenal?

  2. Info2 nya sangat bermanfaat lanjutkan terus pak,selamat ultah moga panjang umur…

  3. Met milad ya pak.. Semoga selalu mjd orang orang yang kaya. Kaya hati, kaya iman dan kaya rejeki آمِّينَ.
    ♪♫•*¨*•.¸¸♥ ♪HappyBirthdaytoyou♫•*¨*•.¸¸♥¸¸.•*¨*•♫♪HappyBirthday♪♫•*¨*•.¸¸♥¸¸.•*¨*•♫♪HappyBirthday♥♥ ♥Happy Birthday to you♪♫•*¨*•.¸¸♥¸¸.•*¨*•♫♪♪♫•*

  4. Maturnuwun Pak infonya ,, ^_^

  5. Terima kasih banyak atas infonya, dari tadi siang setelah menerima sms bhw akan terjadi badai matahari malem ini jam 23.00, membuat sy ragu2 menggunakan alat2 elektronik. Mnrt bpk kapan badai matahari ini aka terjadi? Dan apa dampak terbesarnya yang terasa oleh kita khusus dampak buat org indonesia?

    • Kejadian badai matahari akan semakin sering terjadi saat fase aktif matahari 2012 – 2014 ini. Tetapi saat pastinya baru biusa diprakirakan dari perkembangan bintik matahri yang mengindikasikan kompleksitas medan magnet di matahari. Dampaknya palig berat hanya pada gangguan satelit, komunikasi radio, darn navigasi GPS. Khusus untuk wilayah sekitar kutub, ada potensi dampak pada jaringan listrik dan keseelamatan penerbangan. Tetapi secara umum, para operator sistem teknologi itu saat ini sudah mempunyai prosedur standar untuk mengantisipasinya. Kalau pun ada badai matahari yang tidak terantisipasi, dampaknya hanya terbatas pada kerusakan pernagkat di antariksa, bukan yang ada di bumi. Manusia di bumi pun aman-aman saja karena bumi kita punya pelindung lapisan magnet (magnetosfer) dan atmosfer.

    • Terima kasih banyak atas jawabannya pak :)

      haji

  6. Trima kasih Infonya , bermanfaat sekali :-)

  7. Mau nanya nih pak, kan katanya kalau intensitas badai mataharinya tinggi bisa mengganggu generator listrik maupun komputer, nah kalau selama intensitasnya masih tinggi generator listrik (PLN) dan sistem2 komputer dimatikan maka tidak terkena dampaknya lagi kan ?, thx :)

    • Gangguan pada jaringan listrik hanya untuk wilayah sekitar kutub. Jadi jaringan listrik di Indonesia aman. Badai matahari juga tidak akan mengganggu pengguna teknologi di permukaan bumi, seperti komputer untuk internet, HP, TV, atau ATM. Kalau satelitnya terganggu oleh badai matahari, hal terburuk yang terjadi hanya putusnya layanan, tidak merusak perangkatnya. Jadi tidak perlu khawatir, gunakan saja walau ada badai matahari. Tetap aman.

      • Saya masih aja selalu khawatir akan dampak badai matahari terhadap jaringan internet dan komputer, karena banyak kegiatan sy yg berhub langsung dengan layanan/akses internet :)

  8. Smga tidak trjadi yang sperti itu..

  9. trimksh info nya pk…
    berguna bgt bwt pengetahuan.
    smg yg ditakutkan banyak org tdk terjadi…..

  10. terima kasih atas informasi bapak yang super sekali

  11. [...] Artikel tentang badai Matahari di blog Pak Thomas Djamaluddin Share this:FacebookTwitterLinkedInLike this:SukaBe the first to like this post. Categories: Antariksa, Renungan Tag:badai Matahari, Matahari, tafsir Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan komentar Lacak balik [...]

  12. Hi Prof.. we spoke on the phone via Elshinta this morning, could you share your view regarding the possibility of planetary alignment and or Nibiru that could cause earth pole shift in 2012-2014? I learn how earth reacts lately and how strange the moon look like.. last but not least, what is your view regarding extra terrestrial being? Thank you, sincerely, Sutanto

    • Nibiru is not a real planet. The explanation regarding Nibiru is one of pseudoscience in astronomy.
      I believe that extraterrestrial being is exist. There is a branch in astronomy studying extraterrestrial being, i.e. Bio-Astronomy.

      • Dear Prof.. how about the planetary alignment or pole shift on earth? is it happening in the near future? if it is, what is the fundamental impact?
        Thank you and best regards, Sutanto

      • Planetary alignment is astrological issue, not astronomical one. Polar shift is a gradual process due interaction of Earth-moon. Impact on Earth is not predictitable up to now.

      • Yth Bapak prof. Ada isu bahwa tanggal 23 – 25 Desember planet di tata surya kita berada pada garis lurus, akibatnya bumi akan gelap gulita selama 3 hari, bagaimana pendapat bapak?, terimakasih

      • Itu berita bohong. Pada tanggal tersebut susunan planet tidak dalam posisi garis lurus. Silakan periksa di http://www.heavens-above.com/planets.aspx?lat=0&lng=0&loc=Unspecified&alt=0&tz=CET.
        Kalau pun posisi planet hampir segaris lurus (tidak mungkin pas segaris), tidak ada alasan bumi menjadi gelap gulita, karena cahaya matahari tidak akan terhalangi oleh apa pun.

  13. Yth Bapak Prof, saya pernah membaca di tempo.co bahwa badai matahari 2012 sudah melewati masa kritisnya. Apakah ini berarti puncak aktivitas matahari ( badai matahari 2012) sudah berlangsung januari kemarin, dan akan terjadi puncak aktivitas lagi 11 atau 12 tahun mendatang? mohon penjelasan, terimakasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 210 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: