Talents Mapping: MEMBACA POTENSI DIRI


 

Beberapa bulan lalu LAPAN memfasilitasi analisis bakat (Talents Mapping) sebagian pegawainya. Menarik juga untuk membaca potensi diri untuk dikembangkan. Tujuh bakat dominan perlu diperhatikan, masing-masing orang pasti unik. Inilah tujuh bakat dominan saya menurut analisis Talents Mapping.

1. DEVELOPER

2. IDEATION

3. CONNECTEDNESS

4. STRATEGIC

5. EMPATHY

6. HARMONY

7. ARRANGER

DEVELOPER: Senang memajukan orang lain dan melihat orang lain maju, mendapatkan kepuasan dari melihat setiap kemajuan masing-masing individu.  Dia melihat kemampuan yang ada pada orang lain. Semua kemampuan mereka itu dapat terlihat oleh nya. Ketika berinteraksi dengan orang, dia bersedia menolong mereka mencarikan jalan untuk mencapai tujuan.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang sering terdapat pada peran berikut: manager, guru, pelatih, pembimbing, petugas sosial.

IDEATION: Banyak ide, menyukai diskusi kelompok yang bebas, dan baik sekali di dalam brainstorming. Inovatif, konsep, teori, dan solusi merupakan hal yang penting bagi orang berbakat Ideation. Dia memiliki cara yang sederhana untuk menjelaskan banyak kejadian, konsep yang sangat mendasar seringkati dapat menjelaskan apa yang kelihatannya rumit dan menemukan idea yang belum lengkap ini merupakan hal menyenangkan. Dia tergila-gila dengan ide-ide. Apakah ide itu? Ide adalah konsep, penjelasan terbaik tentang berbagai kejadian.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang sering terdapat pada peran berikut: marketing, advertensi, wartawan, perancang, atau pengembang produk baru.

CONNECTEDNES:  Memiliki keyakinan dalam menjelaskan gejala secara ”bathin”. Penuh pertimbangan, penuh perhatian, mudah menerima: inilah kata-kata yang tepat baginya. Segala sesuatu terjadi pasti ada sebabnya. Dia yakin akan hal itu, karena dalam hatinya dia tahu bahwa kita semua ini saling berkaitan.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang sering terdapat pada peran berikut: pendengar dan pemberi saran (konselor), leader di dalam membangun team yang berbeda kelompok, atau membantu orang merasa berguna.

STRATEGIC: Dapat memilih jalan terbaik dari berbagai pilihan berdasarkan data dan intuisi, dapat melihat pola dari pengalaman dan data, isunya timbul dalam berbagai skenario. “What if?” nya timbul karena banyaknya pilihan di depan yang harus diambil. Tema Strategic memungkinkannya memilah di antara kekusutan dan menemukan jalur yang terbaik. Dia memisahkan dan memilih sampai ditemukan lintasan yang terbaik.

Tema Bakat ini merupakan salah satu bakat yang sering terdapat pada peran berikut: perencana strategis, manager, leader.

EMPATHY: Dapat merasakan perasaan orang lain seakan terjadi pada dirinya. Mengerti emosi yang sedang dialami seseorang, walaupun dia tidak selalu perlu setuju dengan perasaan orang tersebut. Dapat “mendengarkan” pertanyaan yang tidak terungkapkan.

Tema Bakat ini merupakan salah satu bakat yang sering terdapat pada peran berikut: sales, HRD, guru TK/SD, juru rawat, operator telepon, psikiater, dispatcher, layanan pelanggan.

HARMONY: Dapat bekerjasama secara baik dengan orang lain. Tidak suka terhadap adanya konflik, setiap kali dia merasakan adanya perbedaan pendapat atau perdebatan, dia akan menaruh perhatian terhadap apa yang pernah terucapkan, memperhatikan apa yang terjadi dan berusaha mendamaikan dengan menunjukkan adanya kesamaan dari kedua belah fihak. Dia menganggap bahwa pertentangan dan gesekan itu tidak ada hasilnya, sehingga dia berusaha menguranginya sekecil mungkin.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang sering terdapat pada peran berikut: pembangun jaringan antara orang-orang dengan cara pandang yang berbeda, juru damai, penasehat.

ARRANGER: Dapat mengorganisir akan tetapi juga memiliki kelenturan yang membantu pengaturannya. Selalu berusaha memikirkan kembali sesuatu. Slogannya adalah ”pasti ada jalan yang lebih baik dari itu!”. Dia seorang koordinator. Berhadapan dengan situasi yang sulit yang melibatkan banyak faktor, dia senang mengatur semuanya, meluruskan dan meluruskannya lagi sampai dia merasa yakin bahwa dia telah mengaturnya dalam konfigurasi yang sangat produktif.

Tema bakat ini merupakan salah satu bakat yang sering terdapat pada peran berikut: supervisor, manager, event organizer, programmer.

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 210 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: